Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tunggal Putra Terhenti
02 Agustus 2012
Tunggal Putra Terhenti
 
 

Indonesia akhirnya tidak memiliki wakil di nomor tunggal putra pada kejuaraan Olimpiade London 2012. Dua wakil Indonesia yang tersisa, semuanya terhenti di bakak 16 besar. Baik Simon Santoso maupun Taufik Hidayat seluruhnya terhenti dari lawan-lawannya.

Kedua andalan Indonesia ini memang tidak diuntungkan dengan drawing yang telah di keluarkan. Lepas babak penentuan grup, keduanya langsung berhadapan dengan pemain-pemain yang menempati daftar unggulan teratas. Simon Santoso harus bertemu dengan pemimpin unggulan tertinggi Lee Chong Wei, sementra Taufik Hidayat langsung berhadapan dengan Lin “Super” Dan. Data statistik pertemuan mereka akhirnya yang berbicara. Simon Santoso kembali harus mengakui keunggulan juara All England 2011, Lee Chong Wei dalam dua game dengan 12-21, 8-21. Tidak terlihat sama sekali trauma cedera yang di alami oleh Lee Chong Wei. Pemain Malaysia ini tetap bermain dengan irama permainan dan kecepatan yang di milikinya.

“Sulit untuk keluar dari tekanan yang diberikan Chong Wei. Saya tak dapat mengimbangi kecepatannya. Begitu saya coba mengubah irama permainan, Chong Wei sepertinya sudah mengantisipasi hal ini,” jelas Simon.

Sementara Taufik Hidayat menyerah untuk ketiga belas kalinya dari Lin Dan. Kali ini juara Olimpiade Athena 2004 menyerah dengan 9-21, 12-21.

Di babak perempat final terselip satu nama pemain India, Kashyap parupalli. Undian menguntungkan di dapat pemain India yang memiliki peringkat 21 dunia. Semifinalis Djarum Indonesia Open Super Series Permier 2012 ini tidak harus bertemu dengan salah satu pemain unggulan di babak 16 besar. Ia hanya bertemu dengan pemain Srilanka Karunaratne Niluka. Hanya saja kemenangannya tak berlangsung mulus. Meski menang di game pertama dengan 21-14, Kashyap harus merelakan game kedua di rebut pemain Srilanka dengan 21-15. Di game penentuan pemain India lebih siap dan menang dengan 21-9.

Beberapa pemain yang di unggulkan juga masih tetap bertahan. Pemain gaek asal Denmark Peter Hoeg Gade masih terlalu tangguh bagi Son Wan Ho. Peter menang dengan 21-9, 21-16. Sho Sasaki menjadi satu-satunya tunggal Jepang yang masih bertahan di babak delapan besar setelah memenangi laga melawan Kevin Cordon dengan 23-21, 21-10. Selain Lin Dan, dua tunggal putra China lainnya pun ikut melenggang ke babak perempat final. Chen Jin sukses menghentikan andalan Jerman Marc Zwiebler. Namun butuh tiga game dengan 19-21, 21-12, 21-9 bagi Chen Jin untuk bisa menang dari tunggal Jerman. Chen Long juga masih teralu tangguh bagi tunggal Hongkong Wong Win Ki.  Pemain China ini menang dengan 21-17, 21-17. Lee Hyun Il menggenapi delapan besar tunggal putra yang akan berlaga di babak perempat final setelah menang dari wakil Denmark lainnya Jan O Jorgensen dengan 21-17, 21-13. (AR)