Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > [Kilas Balik 2012] Rafiddias Akhdan Nugroho, Si Jangkung Dengan Prestasi Menjulang
04 Januari 2013
[Kilas Balik 2012] Rafiddias Akhdan Nugroho, Si Jangkung Dengan Prestasi Menjulang
 
 

Rafiddias Akhdan Nugroho, pemain bertubuh jangkung ini sangat mudah di kenali di antara kerumunan para pemain. Ia terlihat paling tinggi diantara para pemain seusianya. Dengan tinggi 184 cm, ia tampak terlihat sebagai algojo di lapangan. Ia pun mampu memanfaatkan kelebihan tinggi badannya untuk melancarkan smash keras dan tajam yang menjadi andalannya.

Rafi, demikian ia biasa dipanggil beberapa kali sempat berganti pasangan. Semasa remaja ia lebih sering berduet dengan Jeka Wiratama dan sempat menjadi juara Asia Youth U-15 tahun 2010. Di awal tahun inipun ia yang masih berduet dengan Jeka Wiratama mampu menjadi runner up Sirkuit Nasional (Sirnas) Kalimantan 2012. Menjadi runner up juga ia alami di kejuaraan Walikota Surabaya Cup 2012.

Selain bersama Jeka Wiratama, ia pun di padukan dengan Kevin Sanjaya, pemain berbakat lainnya dari PB Djarum. Belum lama berselang, ia bersama Kevin mampu menyabet juara pada kejuaraan Sirnas DKI Jakarta open 2012. Tak lama, mereka pun mengemas gelar kembali. Bandung atau tepatnya pada Djarum Sirnas Jawa Barat 2012 memberikan kemenangan bagi Rafi/Kevin.


Rupanya Rafi dan Kevin semakin padu. Di kisaran bulan Juni 2012 kedua pemain yang belum lama disandingkan kembali merengkuh gelar juara.  Dalam partai final sesama pemain Djarum, Rafi/kevin menjadi yang terbaik pada kejuaraan Candra Wijaya Open 2012 kelompok umur di bawah 19 tahun (U-19) yang berlangsung di GOR Asia Afrika. Lawan yang sekaligus kawan, Arsya Isnanu/Hantoro harus puas menjadi runner up setelah di kalahkan secara ketat dalam straight game.

Berlanjut pada bulan Juli di kejuaraan bertaraf Internasional yang di langsungkan di dalam negeri. Rafi menorehkan prestasi sebagai runer up. Ia yang  masih menggandeng Kevin sebagai partner gandanya menduduki posisi kedua pada kejuaraan Tangkas Specs Junior Challenge Open Badminton champhionsip 2012. Di babak final ia menyerah kepada pasangan Hafiz Faisal/Putra Eka Roma.

Rafiddias/Kevin mulai di uji coba pada tertandingan di luar negeri. Mereka pun di berangkatkan pada turnamen Maybank Malaysia International Youth U19 Badminton championships 2012. Sayang perjalanan mereka terhenti di babak perempat final oleh rekannya sendiri Edi Subaktiar/Arya Maulana.

Ia dan Kevin juga di percaya menjadi wakil Indonesia pada kejuaraan dunia yunior 2012. Namun perjuangannya harus terhenti di babak perempat final setelah kalah tipis dari pasangan korea Selatan Kim Jae Hwan/Kim Jung Ho. Rafi menutup tahun 2012 dengan meraih gelar juara. Di penghujung tahun 2012 tepatnya pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2012, Rafi dan Kevin meraih gelar juara ganda taruna putra. (AR)

Profil Rafiddias Akhdan Nugroho