Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > [Kilas Balik 2021] Kevin Sanjaya Kembali Bersinar
06 Januari 2022
[Kilas Balik 2021] Kevin Sanjaya Kembali Bersinar
 
 

Pemain ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo, menutup tahun 2020 dalam kondisi positif Covid-19. Setelah tak bisa banyak bertanding karena pandemi, Kevin harus menghadapi kenyataan untuk kembali beristirahat sejenak karena sakitnya itu.

Hal ini menyebabkan ia dan pasangannya, Marcus Fernaldi Gideon, akhirnya tak ikut ambil bagian di Asian Leg 2021 yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

Kevin/Marcus baru turun bertanding di bulan Maret pada All England 2021. Namun, baru saja menyelesaikan babak pertama, Kevin/Marcus beserta seluruh tim Indonesia dipaksa mundur karena alasan protokol kesehatan Covid-19. Sebab pesawat yang ditumpangi tim Indonesia terdapat penumpang yang terinfeksi Covid-19.

Setelah All England, Kevin/Marcus baru bertanding lagi di Olimpiade Tokyo 2020. Sebagai pemain nomor satu dunia, title juara dari Tokyo tentu menjadi target utama buat Kevin/Marcus. Sayang penampilan mereka tak bisa mencapai hasil terbaik, dan harus terhenti di babak perempat final.

Selanjutnya, Kevin bersama tim Indonesia lainnya melanjutkan tur Eropa pada bulan September, dimulai dari Piala Sudirman 2021. Tim Indonesia harus terhenti di babak perempat final Piala Sudirman, setelah kalah dari Malaysia. Kegagalan ini kemudian dibalas Kevin dkk pada Piala Thomas 2020 yang berlangsung setelahnya. Mereka berhasil membawa pulang Piala Thomas ke Indonesia setelah hampir dua dekade.

Tak lama berselang, Kevin/Marcus langsung bertanding di Denmark Open 2021. Namun perjalanan mereka terhenti di babak 16 besar. Kevin/Marcus kalah dari juniornya sendiri, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, dengan skor 21-17, 17-21, 21-23.

Selesai di Denmark, Kevin/Marcus meneruskan pertandingan mereka ke French Open 2021. Dari sini, pasangan berjulukan The Minions ini sukses memetik hasil luar biasa.

Keduanya berhasil menapaki lima final secara berturut-turut dari French Open hingga BWF World Tour Finals 2021.

Final pertama diraih Kevin/Marcus pada French Open 2021. Mereka kemudian menjadi runner up setelah kalah dari pasangan Korea, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol.

Setelah French Open, mereka langsung melanjutkan pertandingan di Hylo Open 2021 di Jerman. Saat itu, partai final ganda putra berhasil diamankan oleh Indonesia, melalui pertemuan Kevin/Marcus dengan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. The Minions akhirnya keluar sebagai juara usai mengantongi skor 21-14, 21-19.

Satu pekan berselang, Kevin/Marcus kembali melanjutkan perjalanan ke Bali. Di sana berlangsung tiga turnamen yaitu Indonesia Masters, Indonesia Open, dan BWF World Tour Finals 2021.

Kevin/Marcus sukses ke babak final Indonesia Masters 2021, namun sayangnya asa mereka menjadi juara dihadang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang).

Tak berjeda lama, Kevin/Marcus langsung dihadapkan dengan turnamen baru, Indonesia Open 2021. Partai final kembali mempertemukan mereka dengan Hoki/Kobayashi. Namun kali ini Kevin/Marcus yang merebut podium juara.

Tren positif penampilan Kevin/Marcus terus berlanjut. Mereka masih menjadi tulang punggung tim Indonesia untuk merebut gelar. Final BWF World Tour Finals 2021, Kevin/Marcus kembali berjodoh dengan Hoki/Kobayashi. Kevin/Marcus kemudian mengakhiri perjalanan turnamen 2021 sebagai runner up BWF World Tour Finals 2021. (NAF)