Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Muhammad Rijal/Debby Susanto Lewati Babak Pertama
20 Oktober 2011
Muhammad Rijal/Debby Susanto Lewati Babak Pertama
 
 

Pasangan ganda campuran Indonesia Muhammad Rijal/Debby Susanto memastikan diri berada pada babak kedua pada kejuaraan Yonex Denmark Open Super Series 2011. Kepastian ini di peroleh setelah mereka berhasil mengalahkan pasangan dari Jepang Hirokatsu Hashimoto/Mizuki Fujii. Keberhasilan pasangan peringkat ke-24 ini melalui babak pertama harus dibayar dengan bermain rubber game dan memakan waktu selama 57 menit.

Konsistensi pasangan Indonesia di uji pada game pertama. Sempat unggul jauh dengan 12-7 pada game pertama, konsentrasi pasangan Indonesia seperti turun. Mereka tersusul dan bisa disamakan menjadi 13-13. Beberapa angka sama masih bisa di buat pasangan Indonesia, tetapi setelah angka sama terakhir yang terjadi pada kedudukan 17-17, pasangan Indonesia seperti terpaku dan pasangan Jepang justru mampu merebutnya dengan 21-18.

Di game kedua pasangan Indonesia yang tetap mengambil inisiatif penyerangan mampu menjauh dari pasangan Jepang. Sampai pada paruh game pertama terjadi,pasangan Indonesia masih ungul dengan 11-8. Keadaan menjadi sedikit menghawatirkan ketika perolehan angka pasangan Jepang mulai merambat naik dan mendekati menjadi 11-10. Melalui keunggulan permainan net yang manis, pasangan Indonesia akhirnya langsung bisa menutup game kedua dengan 21-13.
Pada game penentuan permainan kedua pasangan menjadi lebih imbang. Sebenarnya sampai jeda game ketiga pasangan Indonesia selalu tertinggal sampai 8-11. Berkat instruksi yang diberikan oleh pelatih pada saat interval game ketiga pasangan Indonesia mulai mengejar dan bisa menyamakan kedudukan pada 13-13. Pada angka kritis pasangan Indonesia sempat sedikit menjauh dengan 19-17. Pasangan Jepang tak mau menyerah, mereka masih bisa menempel tipis dengan 19-18. Rijal/Debby yang pernah sekali menang dari pertemuan perdana dengan pasangan Jepang ini akhirnya bisa kembali menang. Kali ini, game ketiga di tutup dengan 21-19 sekaligus membuat head to head pertemuan keduanya berubah menjadi 2-0 bagi pasangan Indonesia.

Di babak kedua Muhammad Rijal/Debby Susanto akan menantang unggulan ke tujuh asal Thailand Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul. Pasangan Thailand bisa berada di babak kedua setelah mengalahkan pasangan ganda campuran senior Indonesia Nova Widianto/Vita Marissa dengan 21-17, 21-18. Muhammad Rijal/Debby Susanto baru sekali bertemu dengan pasangan Thailand ini. Pada pertemuan pertama yang terjadi di Djarum Indonesia Open Super Series 2011, pasangan Indonesia unggul atas pasangan dari Thailand.

Tontowi/LilyanaSayangnya pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto menjadi satu-satunya harapan Indonesia untuk bisa mencuri gelar dari nomor ganda campuran pada kejuaraan yang menyediakan hadiah USD 400.000,-. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang lebih di unggulkan justru harus tersisih di babak pertama. Menghadapi pasangan Korea Selatan Lee Yong Dae/Ha Jung Eun yang pernah tiga kali di kalahkan, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kali ini menyerah dengan 15-21, 21-12, 17-21. Kekalahan juga di alami Fran Kurniawan/Pia Zebadiah Bernadet. Pasangan Korea Selatan lainnya Ko Sung Hyun/Eom Hye Won menjadi pasangan yang mengalahkan Fran/Pia dengan 21-14, 21-16. (AR)