Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Piala Thomas & Uber 2020] Hadapi Taiwan di Laga Penentu, Ini Susunan Pemain Indonesia yang Diturunkan
13 Oktober 2021
[Piala Thomas & Uber 2020] Hadapi Taiwan di Laga Penentu, Ini Susunan Pemain Indonesia yang Diturunkan
 
 

Tim Thomas Indonesia akan menghadapi satu lagi di pertandingan laga penyisihan Grup A Piala Thomas 2020. Setelah mengantongi kemenangan 5-0 dari Algeria dan 3-2 dari Thailand, kini tim Merah Putih akan berhadapan dengan Taiwan, hari ini (13/10), pukul 13.30 WIB.

Laga kontra Taiwan tentu menjadi pertemuan yang tak mudah. Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 Lee Yang/Wang Chi Lin, akan menjadi motor tim ganda putra. Kemudian di sektor tunggal, Indonesia juga tak boleh lengah sebab lawan juga memiliki pemain andalan seperti Chou Tien Chen dan Wang Tzu Wei.

Meski terbilang kuat, pertahanan tim Taiwan bukan berarti tak bisa ditembus. Taiwan sendiri sebelumnya kalah 2-3 dari Thailand meski sudah merebut dua angka lebih dulu lewat Lee/Wang dan Chou.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, dalam rilis mengatakan telah mengatur strategi dan menyusun taktik permainan di lapangan. Sektor tunggal maupun ganda harus bisa bermain maksimal demi merebut poin.

"Dengan bola yang lambat, tidak mungkin lawan akan terus mengandalkan kekuatan dan kecepatan. Karena itu strategi permainan pasangan ganda yang akan kita mainkan harus bisa meredam dan mengajak main lambat. Serangan-serangan Lee/Wang tentu tidak secepat seperti di Olimpiade Tokyo silam," kata Rionny.

Rionny berharap, dalam menghadapi Taiwan, para pemain memiliki semangat tempur yang tinggi sekaligus kesabaran di lapangan.

"Harus fight, semangat, ulet, sabar dan siap capek. Kapan bertahan dan kapan menyerang balik harus tepat momentumnya. Yang tidak kalah penting siap adu mental," ujar Rionny.

Tunggal putra akan menurunkan tiga pemain terbaik Indonesia, yaitu Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito. Mereka akan berhadapan, masing-masing dengan Chou Tien Chen, Wang Tzu Wei, dan Chi Yu Jen.

Di sektor ganda, pasangan pertama yang diturunkan untuk menghadapi Lee/Wang adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Dua ganda putra teratas Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sebenarnya memiliki skor head to head yang lebih unggul dari pasangan Taiwan. Namun di beberapa pertemuan terakhir, Lee/Wang selalu berhasil memastikan kemenangannya.

Sementara Fajar/Rian sejauh ini sudah tiga kali berhadapan dan tercatat belum pernah kalah dari Lee/Wang. Mereka terakhir bertemu di Hong Kong Open 2019. Catatan rekor ini diharapkan menjadi modal awal untuk Fajar/Rian bisa menggempur Lee/Wang di lapangan.

Ganda kedua, tim Indonesia mencoba meracik pasangan Mohammad Ahsan dengan pemain muda Daniel Marthin. Kombinasi ini diturunkan untuk merebut poin dari Lu Ching Yao/Yang Po Han.

Berikut susunan line up pertandingan Indonesia melawan Taiwan di Ceres Arena, Aarhus, Denmark:

Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting vs Chou Tien Chen

Ganda Putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Lee Yang/Wang Chi Lin

Tunggal Putra: Jonatan Christie vs Wang Tzu Wei

Ganda Putra: Mohammad Ahsan/Daniel Marthin vs Lu Ching Yao/Yang Po Han

Tunggal Putra: Shesar Hiren Rhustavito vs Chi Yu Jen

(NAF)