Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Kenangan Manis di Olimpiade
02 Agustus 2012
Kenangan Manis di Olimpiade
 
 

Tahun 1992 menjadi salah satu tahun yang manis untuk terus dikenang oleh Indonesia. Bagaimana tidak, untuk pertama kalinya, Indonesia mencatatkan sejarah dengan berhasil meraih medali emas di ajang olah raga terbesar dunia, Olimpiade.

Dari tangan Alan Budikusuma, Indonesia berhasil meraih medali emas Olimpiade. Alan juga adalah salah satu atlet besutan kebanggaan PB Djarum. Selain Alan, Indonesia juga meraih medali emas melalui Susi Susanti.

Di babak awal, Alan tak menemui banyak kesulitan. Ia berhasil menang dua game langsung atas atlet Singapura, Koh Leng Kang dengan 15-2 dan 15-2. Alan terus melaju dan berhasil melalui tiga babak penyisihan. Di babak perempat final ia berhadapan dengan tunggal Korea, Kim Hak-Kyun. Ia baru bisa lolos ke semifinal dengan menang 15-9 dan 15-4. Pertarungan seru terjadi di babak semifinal, saat ia berhadapan dengan Stuer Lauridsen dari Denmark. Ia menang susah payah 18-14 di game pertama, sebelum menang 21-8 di game kedua.



Final Olimpiade Barcelona 1992, Alan bersua dengan Ardy B Wiranata. Dalam video ini, kita bisa melihat bagaimana perjuangan dari Alan untuk bisa mempersembahkan medali emas. Di final, Alan menang dengan skor ketat 15-12 dan 18-13.

Semangat yang ditunjukkan Alan dalam video final Olimpiade ini, ditambah dengan berbagai teknik bulutangkis yang mumpuni, memang sungguh pantas untuk menjadi peraih medali emas ajang paling bergengsi bulutangkis ini. Pantang menyerah, tak kenal lelah, dan tak kenal kata kalah.

Kini di tahun 2012, kita masih bisa berharap bahwa apa yang telah dimulai oleh Alan pada tahun 1992, akan bisa dilanjutkan oleh Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di tahun 2012. Indonesia pasti bisa! (IR)