Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Junior Championships 2012] Edi/Melati Juara, Kekuatan Dunia Merata
04 November 2012
[BWF World Junior Championships 2012] Edi/Melati Juara, Kekuatan Dunia Merata
 
 

Sumber foto: pb-pbsi.org

Indonesia akhirnya berhasil meraih satu gelar juara pada kejuaraan World Junior Champhionships 2012 yang berlangsung di Chiba, Jepang. Edi Subaktiar/Melati Daeva Oktaviani menjadi atlet Indonesia yang berhasil membawa pulang gelar juara ganda campuran.  Sedangkan China yang pekan sebelumnya menjuarai nomor beregu campuran, gagal meraih satu pun gelar juara di perorangan. Tampilnya Indonesia, Jepang, Hongkong dan Korea sebagai juara sebagai indikasi kekuatan pemain yunior dunia semakin merata ke berbagai Negara.

Partai All Indonesian Final terjadi pada babak final ganda campuran yang di langsungkan hari Sabtu (3/11) kemarin. Jepang memborong dua gelar juara melalui nomor tunggal putra putri. Hongkong dan Korea Selatan masing-masing merebut satu gelar juara. Hongkong mendapat gelar juara melalui ganda putra, Korea Selatan melalui ganda putri. China kali ini harus gigit jari. Dua wakilnya pada babak final gagal mempersembahan gelar juara bagi negaranya.

Edi Subaktiar/Melati Daeva Oktaviani akhirnya menjadi yang terbaik di nomor ganda campuran. Di babak final, mereka harus menghentikan perlawanan rekan senegaranya Alfian Eko Prasetyo/Shella Devi Aulia dengan 21-17, 21-13.


“Kami sudah tahu pola main mereka seperti apa, jadi banyak serang di kekurangan mereka. Apalagi Alfian/Shela tidak terlalu memberikan perlawanan yang ketat, karena sepertinya Shela sudah kelelahan,” ungkap Melati. Penampilan  Shella memang tidak seperti pertandingan pada babak semifinal ketika menghadapi pasangan dari China. Babak final menjadi antiklimaks bagi Shella.

 Di ganda putri, pasangan Korea Selatan mematahkan dominasi China. Lee So Hee/Shin Seung Chan memenangi partai final dengan mengalahkan Yu Xiaohan/Huang Yaqiong melalui pertarungan rubber game 21-14, 18-21, 21-18.

Lee Chun Hei/Ng Ka Long dari Hongkong menjadi pasangan ganda putra yang sukses memetik gelar juara. Berhadapan dengan Takuto Inoue/Yuki Kaneko dari Jepang, ganda Hongkong yang sejak awal di waspadai Edi Subaktiar ini menang dua game dengan 21-16, 21-17.

Jepang memastikan meraih satu gelar juara melalui nomor tunggal putri. Dua pemain putri Jepang saling berhadapan pada babak final. Nozomi Okuhara, tunggal putri Jepang yang sudah bermain di level senior ini, menjadi yang terbaik. Juara Canada Open 2012 menang atas rekannya Akane Yamaguchi dengan kedudukan akhir 21-12, 21-19.

Kento Momota menjadi pemain tunggal putra Jepang yang mampu menghentikan wakil China yang tersisa, Song Xue. Unggulan dua tunggal putra ini menang rubber game pada babak final  dengan 21-17, 19-21, 21-19. Nomor tunggal putra menjadi partai terlama selama babak final di mainkan. Pertandingan ini memakan waktu satu jam sepuluh menit. (AR)

Hasil babak final :

Ganda campuran : Edi Subaktiar/Melati Daeva Oktaviani (INA) - Alfian Eko Prasetyo/Shella Devi Aulia (INA) : 21-17, 21-13
Ganda putri : Lee So Hee/Shin Seung Chan (KOR) - Yu Xiaohan/Huang Yaqiong (CHN) : 21-14, 18-21, 21-18
Ganda putra : Lee Chun Hei/Ng Ka Long (HKG) -  Takuto Inoue/Yuki Kaneko (JPN) : 21-16, 21-17
Tunggal putri : Nozomi Okuhara (JPN) - Akane Yamaguchi (JPN) : 21-12, 21-19
Tunggal putra : Kento Momota (JPN) - Song Xue(CHN) : 21-17, 19-21, 21-19