Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [China Open Super Series Premier 2012] Dua Ganda Campuran di Perempat Final
16 November 2012
[China Open Super Series Premier 2012] Dua Ganda Campuran di Perempat Final
 
 

Ganda campuran Indonesia akhirnya berhasil mengamankan dua tempat di babak delapan besar China Open 2012. Baik Riky Widianto/Richi Dili Puspita maupun Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sama-sama berhasil memenangkan pertandingan yang digelar di Yuen Shen Gymnasium, Shanghai China kemarin (15/11). Keduanya pun bahkan berhasil memenangkan pertandingan masing-masing dalam dua game langsung.

Riky/Richi terlebih dahulu berhasil memastikan langkahnya ke babak perempat final. Berhadapan dengan ganda India Pranaav Jerry Chopra/Siki Reddy N, mereka berhasil mendominasi jalannya pertandingan. Unggul hampir semua aspek, ganda asal Jawa Timur/Jawa Barat ini berhasil memenangkan laga dengan 21-11, 21-15. Sedangkan senior, mereka Tontowi/Liliyana mengirim pulang ganda Korea, Kim Ki Jung/Kim So Young. Sempat diimbangi, mereka akhirnya menutup pertandingan dengan 21-18, 21-17.

Di laga perempat final yang akan digelar hari ini (16/11), Riky/Richi akan ditantang oleh ganda Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying yang merupakan unggulan kelima. Chan/Goh ke babak perempat final setelah mengalahkan Kim Sa Rang/Choi Hye In dalam tiga game, 19-21, 21-15, 21-14.


Pertemuan Riky/Richi dengan pasangan Malaysia itu, akan menjadi pertemuan kedua pasangan yang kini berada di rangking 27 dan 4 dunia itu. Di pertemuan pertama mereka yang terjadi di Malaysia Open Grand Prix Gold 2012 pada bulan Mei lalu, Riky/Richi dipaksa menyerah ditangan andalan Malaysia itu dengan 18-21, 18-21. Melihat cukup ketatnya pertarungan pertama mereka, rasanya tidak terlalu berlebihan jika berharap Riky/Richi mampu membalas kekalahannya dan membuat skor pertemuan mereka menjadi 1-1.

Sementara Tontowi/Liliyana akan berusaha mencuri tiket ke babak semifinal dari tangan Tao Jiaming/Tang Jinhua. Ganda asal tuan rumah ini berhasil meraih tiket untuk menantang Tontowi/Liliyana setelah unggul 21-7, 21-14 dari ganda Rusia Vladimir Ivanov/Anastasia Chervaykova. Pertemuan ini pun akan menjadi pertemuan perdana mereka. Diatas kertas tentu Tontowi/Liliyana jauh lebih unggul. Di China Open Super Series Premier 2012 ini, Tontowi/Liliyana diunggulkan ditempat ketiga, sementara sang lawan berhasil melangkah ke perempat final melalui daftar tunggu babak utama, dimana mereka akhirnya bisa langsung berlaga setelah mendapat satu tempat kosong di babak utama. Tetapi kemenangan 16-21, 27-25 dan 21-16 mereka atas unggulan empat asal Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam perlu dijadikan catatan agar Tontowi/Liliyana tetap waspada, terlebih lagi Tao/Tang akan didukung penuh oleh penonton di gymnasium.

Jika, kedua pasangan merah putih ini berhasil memenangkan laga perempat final mereka, maka Indonesia akan mengamankan satu tempat di partai puncak karena keduanya akan saling berhadapan di semifinal.

Dua tempat perempat final lain akan mempertemukan unggulan pertama Xu Chen/Ma Jin dengan Cheng Liu/Bao Yixin. Xu/Ma menang atas Noriyatsu Hirata/Miyuki Maeda dengan 21-14, 21-14 sementara Cheng/Yixin menyingkirkan Shin Baek Cheol/Eom Hye Won 21-13, 21-12. Benua biru pun diwakili oleh Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen yang menghentikan langkah wakil tuan rumah Zihan Qiu/Yu Luo dengan 21-18, 21-15. Unggulan empat ini akan menantang Yoo Yeon Seong/Jang Ye Na yang menyingkirkan ganda Denmark, Mads Pieler Kolding/Kamilla Rytter Juhl dengan 20-22, 21-13 dan 21-12.

Ganda dan Tunggal Putra Habis


Wakil merah putih yang tersisa di tunggal dan ganda putra, harus segera angkat koper setelah gagal memetik kemenangan di laga babak kedua yang berlangsung kemarin (15/11). Sony Dwi Kuncoro dan ganda putra Alvent Yulianto/Markis Kido sama-sama gagal mengatasi lawan masing-masing.

Sony yang berhasil menaklukkan Du Pengyu di babak pertama, gagal mengatasi yunior Du, Wang Zhengming. Bermain tiga game, Sony gagal mengatasi mantan juara Dunia Yunior tersebut. Ia menyerah 12-21 di game pertama. Meski sempat memaksakan rubber game setelah berhasil meraih kemenangan 21-14 di game kedua, Sony kembali kalah 15-21 di game pamungkas.

Sementara di ganda putra, Alvent/Kido pun gagal membalas kekalahan mereka di Denmark Open 2012 atas pasangan Zhang Nan/Chai Biao. Mereka kembali kalah dalam dua game langsung 19-21 dan 18-21. Dengan demikian tidak ada lagi wakil merah putih di tiga sektor yakni tunggal putri, tunggal putra dan ganda putra. Sementara ganda putri merah putih, Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia baru akan kembali berlaga di babak perempat final hari ini (16/11) setelah mendapat bye di babak kedua. (IR)