Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Hong Kong Open Super Series 2012] Dua Tunggal Ke Perempat Final
23 November 2012
[Hong Kong Open Super Series 2012] Dua Tunggal Ke Perempat Final
 
 

Indonesia akhirnya tinggal berharap kepada Tommy Sugiarto di sektor tunggal putra dan Adriyanti Firdasari di tunggal putri. Kedua pemain berhasil melaju ke perempat final Hong Kong Open Super Series 2012. Mereka akan menghadapi lawan berat di babak delapan besar.

Pemain Indonesia lainnya, Belaetrix Manuputty harus mengakhiri kiprahnya di ajang yang di gelar di Kowloon itu. Ia menyerah dua game langsung dari tunggal China, Li Xuerui. Menghadapi unggulan kedua itu, Bela hanya mampu menahan pertandingan sampai ke menit 26 dan menyerah 14-21, 13-21.

Firda sendiri lolos ke babak perempat final setelah mengalahkan tunggal Jepang, Eriko Hirose. Ia menang dua game langsung 21-17 dan 21-19. Di babak perempat final, Firda akan bersua dengan Wang Lin. Atlet yang lama dibekap cedera lutut ini perlahan kembali menunjukkan kemampuannya. Ia lolos ke perempat final setelah mengalahkan Saina Nehwal dari India dengan 21-19, 21-15. Pertemuan terakhir kedua atlet ini terjadi di Australia Open Grand Prix Gold 2012, kala itu Firda terhenti di babak pertama usai kalah 21-19, 19-21, 14-21.

Sementara Tommy seakan mendapat jalan yang lebih mudah, ia meraih tiket perempat finalnya tanpa harus menyelesaikan pertandingan. Menantang Kasyap Parupalli, Tommy dinyatakan menang setelah tunggal India yang mengandaskan langkah unggulan ketujuh Jan O Jorgensen itu tak mampu meneruskan pertandingan. Pertandingan hanya digelar sampai interval babak pertama, dimana kala itu Tommy unggul 11-6.

Di babak perempat final, Tommy akan berhadapan dengan Marc Zwiebler. Atlet asal Jerman itu meraih tiket perempat final setelah berhasil menaklukkan Hans Kristian Vittinghus asal Denmark. Marc yang memang menunjukkan penampilan impresif sejak babak pertama ini mampu menang dengan 21-16 dan 21-19. Sebelumnya di babak pertama, ia menaklukkan Chen Jin dengan skor cukup telak 21-14, 21-14.

Pertemuan Tommy dan Marc ini sudah terjadi lima tahun silam di babak pertama Dutch Open 2007, dimana kala itu Tommy harus mengakui keunggulan Marc. Kalah 19-21, tommy berhasil mencuri game kedua dengan 21-10. Tetapi kemudian menyerah 12-21.

Tiga partai perempat final lain akan mempertemukan pemain top dunia. Lee Chong Wei, unggulan satu asal Malaysia akan berhadapan dengan Nguyen Tien Minh dari Vietnam. Malaysia berpeluang menciptakan salah satu partai all Malaysian semifinal jika Muhammad Arif Abdul Latif sanggup mengatasi Kenichi Tago unggulan delapan asal Jepang. Sedangkan partai keempat nomor ini akan mempertemukan Sho Sasaki dengan Chen Long. (IR)