Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Hong Kong Open Super Series 2012] China Sapu Bersih Gelar Juara
26 November 2012
[Hong Kong Open Super Series 2012] China Sapu Bersih Gelar Juara
 
 

China tampil perkasa pada kejuaraan Hong Kong Open Super Series 2012. Seluruh gelar juara berhasil di sapu bersih dan di bawa pulang ke negeri tirai bambu. China menunjukkan tajinya pada kejuaraan terakhir dari rangkaian seri Super Series di tahun 2012.

Malaysia yang sedianya mencoba menghadang aksi pemain-pemain China gagal total. Dari dua wakil yang berlaga pada babak final kejuaraan yang menyediakan hadiah total sebesar US$ 350.000,- semuanya harus puas sebagai runner up.

Lee Chong Wei yang datang sebagai pemain yang lebih di unggulkan tak mampu menujukkan keperkasaannya saat menghadapi andalan China, Chen Long. Partai final yang menampilkan dua unggulan teratas tunggal putra memperlihatkan dominasi Chen Long yang berlabel unggulan kedua. Chen Long menang dari tunggal terbaik Malaysia dalam straight game 21-19, 21-17.

Di ganda putra, Koo Kean Keat/Tan Boon Heong tak mampu menampikan permainan terbaiknya. Fu Haifeng/Cai Yun, ganda China asal China yang secara unggulan berada di bawah ganda Malaysia justru tampil memukau. Permainan cepat dan keras yang menjadi ciri khas pemegang medali emas Olimpiade London tak bisa di tandingi oleh ganda Malaysia. Dalam waktu empat puluh tiga menit, Fu Haifeng/Cai Yun menang dua game dengan 21-16, 21-17.

Di tiga nomor tersisa, China sudah memastikan diri merebut gelar juara meski partai final itu sendiri belum di pertandingkan. Tunggal putri, ganda putri serta ganda campuran memainkan partai sesama pemain China. Ketiga partai tersebut juga saling mempertemukan antara unggulan pertama dan kedua.

Ganda putri memainkan adu gengsi antara pemegang medali emas Olimpiade London Tian Qing/Zhao Yunlei dengan juara Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012 Wang Xiaoli/Yu Yang. Kedua pasangan ini seolah tak perduli dengan lawan yang mereka hadapi. Meski bermain sesama pemain China, tetapi kedua pasangan terbaik dunia ini tetap ngotot untuk meraih gelar juara. Gelar juara akhirnya berhasil di rebut Tian Qing/Zhao Yunlei melalui pertarungan rubber game 22-20, 14-21, 21-17.

Zhao Yunlei meraih double Champion pada kejuaraan yang di langsungkan di Hongkong Coliseum. Di ganda campuran, bersama dengan Zhang Nan, kembali “duo Z”mengalahkan pesaing mereka di olimpiade London lalu, Xu Chen/Ma Jin. Zhang Nan/Zhao Yunlei kembali menang dua game dengan 21-17, 21-17.

Wang Yihan memutuskan untuk mundur pada partai final saat menghadapi rekannya Li Xuerui. Babak final yang juga merupakan ulangan final Olimpiade London berakhir kurang sempurna. Wang Yihan yang kalah di game pertama dengan 12-21, mundur saat tertinggal 3-11 di game kedua dan memberikan kemenangan bagi Li Xuerui. (AR)

Hasil Final Hong Kong Open Super Series 2012:

Ganda Putri: Tian Qing/Zhao Yunlei (CHN) Wang Xiaoli/Yu Yang (CHN) : 22-20, 14-21, 21-17
Tunggal Putra: Chen Long (CHN) – Lee Chong Wei (MAS) : 21-19, 21-17
Tunggal Putri: Li Xuerui (CHN) – Wang Yihan (CHN) : 21-12, 11-3 retired
Ganda Campuran: Zhang Nan/Zhao Yunlei (CHN) – Xu Chen/Ma Jin (CHN) : 21-17, 21-17
Ganda putra: Fu Haifeng/Cai Yun (CHN) – Koo Kean Keat/Tan Boon Heong (MAS) : 21-16, 21-17

Sumber foto: scmp.com dan tribunnews.com