Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Korea Open Super Series Premier 2013] Dua Ganda Campuran Tembus 8 Besar
11 Januari 2013
[Korea Open Super Series Premier 2013] Dua Ganda Campuran Tembus 8 Besar
 
 

Sebanyak dua pasangan ganda campuran Indonesia berhasil menembus babak delapan besar turnamen Korea Open Super Series Premier 2013, Jumat (11/1). Kedua pasangan tersebut adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Markis Kido/Pia Zebadiah. Sementara itu Muhammad Rijal/Debby Susanto gagal menyusul kedua rekannya.

Tontowi/Liliyana yang berhadapan dengan Kenichi Hayakawa/Misaki Matsutomo asal Jepang, tak menemui kesulitan dalam laganya. Mereka sukses menumbangkan lawan dengan skor meyakinkan 21-4 dan 21-11. “Dari awal kami bisa langsung in, jadi lawan tidak bisa mengembangkan permainannnya,” kata Tontowi mengenai pertandingan tersebut.

Pasangan Denmark Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen akan menjadi rintangan Tontowi/Liliyana berikutnya. Hal ini perlu diwaspadai, karena meski memiliki sejarah pertemuan yang imbang, 1-1, namun di pertemuan terakhir Tontowi/Liliyana lah yang menelan kekalahan. Saat itu Joachim/Christina unggul 21-12 dan 21-12, pada Olimpiade 2012.

Sementara Kido/Pia melewati babak dua dengan laga yang cukup sengit. Bertemu unggulan tiga asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, Kido/Pia harus menyerahkan game pertamanya di angka 12-21. Kido/Pia kemudian terus menyusul dan merebut dua babak penentu, untuk memastikan langkahnya di perempat final. Dengan skor 21-15 dan 21-13, Kido/Pia akhirnya berhasil menempatkan diri dan bersiap menghadapi lawan berikutnya. “Waktu berpasangan dengan Fran, saya sudah pernah sering menang dari mereka, jadi sudah tahu bola-bolanya seperti apa. Sekarang mereka ada di rangking tiga, mainnya lebih percaya diri dibanding dulu, tapi kami masih bisa mengatasinya,” ungkap Pia.

Keduanya kemudian akan bertemu Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam, pasangan Thailand yang menempati unggulan lima. Rekor pertemuan 1-0 berpihak pada Kido/Pia. Pasangan kakak beradik ini unggul pada Denmark Open 2012, Oktober lalu, dengan skor 21-13 dan 21-15.

Sayangnya, Rijal/Debby gagal mengatasi ganda Korea Kim Ki Jung/Jung Kyung Eun. Keduanya kalah straight game, 20-22 dan 14-21. (NM)

Sumber foto (2): bulutangkis.com