Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Swiss Open Grand Prix Gold 2013] Ganda Campuran Indonesia Dominasi Delapan Besar
15 Maret 2013
[Swiss Open Grand Prix Gold 2013] Ganda Campuran Indonesia Dominasi Delapan Besar
 
 

Posisi delapan besar ganda campuran pada Swiss Open Grand Prix Gold 2013 berhasil di dominasi pemain Indonesia. Tiga pasangan yang tersisa, Kamis (14/3), masing-masing mampu menaklukkan lawan sebelumnya, langsung di dua game.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi pasangan pertama yang memastikan langkahnya. Menghadapi ganda campuran asal Belanda, Jorrit De Ruiter/Samantha Barning, Tontowi/Liliyana menang mudah, 21-10 dan 21-12.
 
Pasangan Denmark, Mads Pieler Kolding/Kamilla Rytter Juhl, awalnya digadang-gadang menjadi lawan yang cukup berat bagi Tontowi/Liliyana. Namun ternyata Shin Baek Choel/Jang Ye Na dari Korea Selatan, telah lebih dulu menumbangkan Mads/Kamilla dengan skor 21-14 dan 21-12.

Hasil tersebut akhirnya mempertemukan Tontowi/Liliyana dengan Shin/Jang untuk pertama kalinya di lapangan. Namun jarak peringkat yang cukup jauh, membuat Tontowi/Liliyana tetap menjadi pasangan yang diunggulkan sebagai pemenang.

Kemenangan berikutnya diperoleh juga oleh pasangan besutan PB Djarum, Muhammad Rijal/Debby Susanto. Bertemu ganda campuran Korea Selatan, Lee Sang Joon/Kim So Young, mereka mampu memenangkan laga tersebut dalam dua game langsung, 21-11 dan 21-13. Selanjutnya Rijal/Debby akan berhadapan dengan pemain Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels, yang menyandang unggulan enam.

Duet kakak-beradik, Markit Kido/Pia Zebadiah Bernadet juga mampu menghalau mudah lawannya. Kido/Pia mengantongi skor 21-15 dan 21-17 untuk memastikan posisinya di perempat final dan mengalahkan pasangan Belanda, Ruud Bosch/Selena Piek. Zhang Nan/Tang Jinhua dari China, akan menjadi lawan Kido/Pia berikutnya.

Jika masing-masing mampu mengalahkan lawan di babak ini, pertemuan pasangan Indonesia akan terjadi di paruh undian atas. Dimana Tontowi/Liliyana dan Kido/Pia bertemu kembali, setelah sebelumnya di semifinal All England juga beradu kekuatan. Sedangkan Rijal/Debby, jika berhasil melaju, akan berjumpa antara pasangan Inggris, Chris Langridge/Heather Olver, atau Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen, unggulan dua asal Denmark. (NM)