Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Singapore Open Super Series 2013] Ganda Campuran Kuasai Unggulan
18 Juni 2013
[Singapore Open Super Series 2013] Ganda Campuran Kuasai Unggulan
 
 

Sebanyak empat pasang ganda campuran Indonesia menguasai daftar unggulan pada kejuaraan Singapore Open Super Series 2013. Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi pasangan ganda campuran Indonesia yang berada pada daftar tertinggi. Juara All England Super Series Premier 2013 ini menduduki unggulan ketiga.

Pasangan Indonesia lainnya Muhammad Rijal/Debby Susanto yang menempati unggulan kelima. Posisi ini terpaut tak jauh dari unggulan ketujuh yang di kuasai Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati. Sementara itu Pasangan kakak beradik Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet di hargai sebagai unggulan kedelapan.  Praveen Jordan/Vita Marissa dan Gideon Markus Fernaldi/Variella Aprilsasi menjadi pasangan ganda campuran Indonesia yang tidak masuk dalam daftar unggulan.

Mundurnya unggulan utama Xu Chen/Ma Jin membuat Praveen/Vita seperti mendapat durian runtuh. Saingannya di papan undian atas kini hanya tinggal rekannya sendiri  Muhammad Rijal/Debby Susanto atau pasangan dari Thailand Songphon Anugritayawon/Kunchala Voravichitchaikul. Sebelumnya di babak pertama, juara New Zaeland Open 2013 ini hanya akan bertemu pemain yang lolos dari babak kualifikasi. Bila lolos, maka kemungkinan mereka akan berhadapan dengan Songphon/Kunchala dengan catatan pasangan Thailand tersebut mampu mengalahkan Arun Vishu/Aparna Balan dari India.


Sedangkan pertemuan Praveen/Vita dengan Muhammad Rijal/Debby Susanto, di perkirakan akan bertemu di babak perempat final. Rijal/Debby seharusnya tak akan menemui hambatan di babak-babak awal. Pasalnya lawan yang akan di hadapi di babak pertama atau kedua adalah pemain yang lolos dari babak kualifikasi.

Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang hanya mampu menjadi semifinalis pada kejuaraan Djarum Indonesia Open Super Series 2013, akan mengawali pertandingan pada kejuaraan berhadiah total US$ 200.000,- dengan melayani permainan pasangan India Tarun Kona/Ashwini Ponnappa. Berbekal pengalaman menang  pada pertemuan pertama pada kejuaraan Kumpoo Macau Open Badminton Grand Prix Gold 2012 lalu, semestinya pasangan ganda campuran Indonesia bisa mengatasi ganda campuran India berperingkat 29 dunia ini. Robert Mateusiak/Nadiezda Zieba asal Polandia yang menjadi unggulan keenam di gadang-gadang akan menjadi lawan di babak perempat final.

Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati akan mengawali pertandingan dengan menghadapi pasangan Hongkong Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah. Dalam catatan badan bulutangkis dunia atau BWF, kedua pasangan ini belum pernah bertemu sebelumnya. Jika daftar peringkat yang dijadikan acuan, maka pasangan Indonesia semestinya akan terus melaju ke babak kedua.  Di babak kedua, lawan berat akan di hadapi. Pasangan China Qiu Zihan/Bao Yixin atau Hirokatsu Hashimoto /Miyuki Maeda  akan menjadi kandidat kuat untuk melawan Fran/Shendy. Di bagan undian yang sama, Gideon Markus Fernaldi/Variella Aprilsasi langsung bertemu pasangan Korea Selatan, Jang YeNa/Shin Baek Choel . Sementara itu Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet akan mencoba menghadang wakil Inggris Chris Landgridge/Heather Oliver di babak pertama. (AR)