Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kejuaraan Dunia 2013] Tunggal Putra Indonesia Sudah Siap
05 Agustus 2013
[Kejuaraan Dunia 2013] Tunggal Putra Indonesia Sudah Siap
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Seluruh atlet tunggal putra yang akan bertanding di kejuaraan dunia bulutangkis 2013 siap bertanding. Empat atlet tunggal putra Indonesia saat ini dalam keadaan siap tempur. Mereka pun mulai melakukan sesi latihan yang di lakukan di Badminton Asia Training Centre, Guangzhou, China.

Dionysius Hayom Rumbaka yang berada satu grup dengan pebulutangkis nomor satu dunia, Lee Chong Wei menyatakan siap jika kembali harus bertemu dengan pemain Malaysia yang belum pernah merasakan menjadi juara dunia ini.

“Setelah bertemu di Djarum Indonesia Super Series Premier 2013, sekarang saya lebih siap melawan Chong Wei. Saya sudah lebih tahu permainan dia seperti apa. Dia jauh lebih di jagokan, saya akan bermain lepas dan nothing to lose saja,”
ujarnya seperti yang di utarakan pada website resmi PB PBSI.

Mantan pemain bulutangkis Indonesia yang saat ini menjadi pelatih Pelatnas, Joko Supriyanto juga mengungkapkan jika latihan untuk anak didiknya kini jauh lebih intensif. “Persiapannya kali ini lebih bagus di banding sebelum ke Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013. Di Pelatnas Cipayung, waktu dan intensitas latihan Hayom di tambah. Selain itu, latihan fisiknya juga lebih banyak seperti lari dan angkat beban,” tandasnya.

Jika sesuai dengan skenario, kedua pemain ini akan saling berhadapan di babak kedua. Lawan Hayom di babak pertama akan datang dari pemain Israel, Misha Zilberman. Pemain Israel ini masih berada di luar 50 besar dunia. Selain bermain tunggal ia pun bermain rangkap di ganda campuran. Jika di tunggal ia berada pada urutan 63 dunia, maka di ganda campuran peringkat terbaiknya ada di peringkat 95 dunia. Semestinya Hayom bisa mengatasi pemain Israel ini. Dari segi peringkat maupun prestasi, Hayom masih jauh lebih unggul. Misha, di tahun ini tercatat hanya sebagai finalis pada kejuaraan I Mercosul International Series 2013.


Selain hayom, dua tunggal putra Indonesia lainnya juga berada di paruh undian atas. Tommy Sugiarto dan Simon Santoso bahkan kemungkinan akan saling berhadapan di babak awal. Jika tak ada aral melintang, kedua pemain ini akan saling bertumbukan di babak kedua. Tetapi sebelumnya mereka harus bisa mengubur lawan-lawannya terlebih dahulu di babak pertama. Tommy yang menempati sebagai unggulan ke- 8 akan bertemu dengan andalan Denmark Hans Kristian Vittinghus. Dari data yang ada pada badan bulutangkis dunia, belum terdapat pertemuan kedua pemain ini. Hanya saja Tommy perlu mewaspadai pemain Denmark yang saat ini ada di peringkat 19 dunia. Pemain Indonesia seperti Hayom dan Simon pernah takluk di tangan pemain yang di tahun ini merebut gelar juara Spanish Open 2013.

Peluang Simon untuk meluncur babak kedua lebih terbuka. Hsu Jen Hao dari China Taipei yang akan menjadi lawan pertamanya pernah dua kali di taklukan. Hanya saja Simon perlu menyingkirkan trauma cedera untuk bisa kembali menang untuk ketiga kalinya.

Di papan undian bawah, Sony Dwi Kuncoro berjuang sendirian. Mengawali pertandingan perdana, Sony yang menduduki unggulan ke- 10 akan bertemu pemain Singapura Wong Zi Liang Derek. Satu kali sudah kedua pemain ini bertemu dalam pertandingan resmi. Sementara Sony menang di pertemuan pertamanya. Lawan kedua kemungkinan besar akan datang dari Darren Liew, itupun jika pemain Malaysia ini bisa melewati pemain Rusia Vladimir Malkov. Jika mampu kembali menang, maka lawan sepadan akan datang dari pemain China Cheng Long yang menduduki unggulan ke-2. (AR)