Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kejuaraan Dunia 2013] Tiga Ganda Campuran Melaju Ke Babak Tiga
07 Agustus 2013
[Kejuaraan Dunia 2013] Tiga Ganda Campuran Melaju Ke Babak Tiga
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Tiga pasang ganda campuran Indonesia berhasil melaju ke babak tiga Kejuaraan Dunia 2013, Selasa (6/8). Muhammad Rijal/Debby Susanto menjadi pasangan pembuka kemenangan bagi tim garuda di Guangzhou, China. Keduanya mengalahkan pasangan Jepang, Hirokatsu Hashimoto/Miyuki Maeda, melalui rubber game selama 53 menit.

"Hari ini tidak mudah menangnya, pada game pertama kami masih menyesuaikan dengan bola yang lambat. Pada game kedua dan ketiga, kami bisa menemukan pola permainan, fokus dan konsisten,"
kata Rijal dikutip melalui website resmi PBSI.

Di babak pertama Rijal/Debby harus tertinggal cukup jauh dengan angka 10-21. Memasuki game kedua, mereka kemudian mengubah irama permainan. Sukses menyamakan kedudukan dengan 21-17, Rijal/Debby kembali merebut game penentu dengan angka 21-11.

"Kami memang sengaja mengubah pola di game kedua. Saat itulah kami merasa menemukan permainan kami seharusnya seperti apa," tambah Debby.

Menembus babak tiga, Rijal/Debby kemudian akan bertemu Chen Hung Ling/Cheng Wen Hsing dari China Taipei, yang menaklukkan Chris Adcock/Gabriel White, dengan 21-18, 21-17. Meski dalam rekor pertemuannya, Rijal/Debby tertinggal 0-2 atas Chen/Cheng, namun keduanya diharapkan mampu membalas di pertandingan babak tiga nanti.

Kemenangan ganda campuran diikuti Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Riky Widianto/Richi Puspita Dili. Tontowi/Liliyana yang menjadi unggulan tiga ini menaklukkan pemain Malaysia, Ong Jian Guo/Lim Yin Loo, dua game langsung 21-14, 21-11 dalam waktu 33 menit.

"Kami belajar dari dua pertemuan sebelumnya, kami selalu mengusahakan agar beda poinnya sejauh mungkin. Kami tak ingin terkejar oleh Ong/Lim," kata Liliyana.

Selanjutnya Tontowi/Liliyana akan bertemu Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah. Kemenangan Lee/Chau di babak dua sebelumnya sekaligus menggagalkan pertemuan Tontowi/Liliyana dengan rekannya sendiri, Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati. Fran/Shendy kalah 18-21 dan 17-21 dari pasangan asal Hongkong tersebut.

Sementara itu, Riky Widianto/Richi Dili Puspita pasangan Indonesia yang menjadi unggulan sepuluh, melaju usai mengalahkan Min Chun Liao/Hsiao Huan Chen, China Taipei, 21-8 dan 22-20.

Riky/Richi pun kini harus bersiap menghadapi unggulan dua asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Pertandingan ini menjadi kali kedua bagi mereka. Sebelumnya di perempat final Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2013, Riky/Richi kalah 16-21 dan 17-21 dari Zhang/Zhao. (NM)