Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kejuaraan Dunia 2013] Tunggal Putra Indonesia Berakhir di 8 Besar
10 Agustus 2013
[Kejuaraan Dunia 2013] Tunggal Putra Indonesia Berakhir di 8 Besar
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Indonesia kembali harus menunda raihan gelar Juara Dunia dari nomor tunggal. Tommy Sugiarto yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa, harus terhenti di babak perempat final Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 yang berlangsung di Guangzhou, China kemarin (9/8).

Tommy Sugiarto di babak delapan besar harus menemui jalan terjal. Lee Chong Wei, pebulutangkis nomor satu dunia menjadi lawan Tommy di babak perempat final. Sejak bola pertama di gulirkan, sebenarnya Tommy telah mencoba untuk mengimbangi permainan Lee Chong Wei. Tetapi rupanya pemain Malaysia yang belum pernah sekalipun merebut gelar Juara Dunia ini lebih siap. Berbagai usaha yang di lakukan oleh Tommy berakhir kebuntuan. Lee Chong Wei selalu bisa mementahkan setiap serangan Tommy. Keagu-raguan yang terlihat pada permainan tommy, turut menjadi penyebab kekalahannya. Tommy di game pertama menyerah dengan  6 -21.

Hal yang sama kembali terjadi di game kedua. Lee Chong Wei, sang pemegang gelar juara All England 2011 ini benar-benar memegang kendali permainan. Sesulit apapun bola yang di lepaskan oleh Tommy selalu berujung kegagalan bagi tommy dalam merebut angka. Game kedua kembali menjadi milik pemain Malaysia dengan 21-9.

“Permainan hari ini di luar harapan, permainan saya tidak berkembang dan banyak melakukan kesalahan sendiri. Saya kecolongan start dan banyak pukulan yang ragu-ragu. Sementara Chong Wei lebih hati-hati sejak awal permainan," ujar Tommy.

Joko Suprianto yang mendampingi Tommy juga menganalisa hal yang sama. “Saya lihat Tommy sering ragu-ragu. Yang paling membuat dia bingung adalah karena dia terlalu meninggikan lawannya, sehingga dia tidak yakin, pukulannya bisa di tebak semua. Lemparan bolanya sudah tidak ada polanya. Tommy seperti dipermainkan Chong Wei. Kondisi psikis seperti ini membuat Tommy menjadi tidak yakin di lapangan,” ujar Joko seperti yang di lansir dalam website PB PBSI.

Dengan demikian maka Lee Chong Wei semakin mendekati ambisinya untuk bisa merebut gelar juara dunia. Di babak semifinal yang akan di langsungkan hari ini (10/8), Lee Chong Wei akan bertemu Du Pengyu asal China.  Peraih medali emas Olimpiade London, Lin Dan juga turut maju ke babak semifinal usai mengalahkan rekannya Chen Long dengan 21-13, 22-20. Lin Dan sendiri akan bertemu dengan pemain ulet asal Vietnam Nguyen Tien Minh pada babak empat besar. (AR)