Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Christian Hadinata Bagi Rahasia Ketangguhan Mental Melalui Buku
30 Agustus 2013
Christian Hadinata Bagi Rahasia Ketangguhan Mental Melalui Buku
 
 

Memiliki pengalaman dan berbagai gelar juara bulutangkis, Christian Hadinata rupanya tak ingin menyimpan ilmunya sendiri. Rahasia ketangguhan mentalnya sebagai pemain bulutangkis kelas dunia pun dirangkum ke dalam sebuah buku yang berjudul "Rahasia Ketangguhan Mental Juara Christian Hadinata".

Diluncurkan pada Senin (26/8) lalu, Christian berharap buku ini bisa memberikan inspirasi untuk mendukung prestasi, tak hanya di bidang bulutangkis, tapi juga yang lainnya.

"Terima kasih untuk pihak yang mendukung dan bekerja keras, sehingga buku ini bisa selesai. Semoga buku ini juga bisa berguna untuk orang-orang dan institusi di luar olahraga. Bisa mendukung prestasi, tidak hanya di bulutangkis," kata Christian.

Mental yang tangguh, menurut Christian menjadi faktor penting dalam bertanding. "Fisik dan skill itu kasat mata, bisa dilatih. Tapi bagaimana mental, menghadapi tekanan itu tidak mudah," ujarnya.

Christian pun mengambil contoh mengenai ketahanan mental seorang atlet di lapangan pada pertandingan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Kejuaraan Dunia 2013 lalu.

"Mental tangguh juga bisa kita lihat, seperti Owi dan Butet kemarin. Mereka sudah tertinggal poin dari lawan, tapi tetap berusaha. Kalau mental mereka tidak tangguh, tidak mungkin hasilnya seperti itu," kata Christian memberikan contoh.

Selain pengalamannya di dalam lapangan, Christian juga ingin berbagi pengalamannya selama melatih. "Selama saya jadi atlet atau pelatih, barangkali ada hal-hal yang bisa pelajaran diambil," tutupnya. (NM)