Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Japan Open Super Series 2013] Indonesia Loloskan Tiga Ganda Putri
19 September 2013
[Japan Open Super Series 2013] Indonesia Loloskan Tiga Ganda Putri
 
 

Tim merah putih kini tengah berlaga di Jepang Super Series yang digelar sejak Selasa (17/9) lalu dengan babak kualifikasi. Sementara babak pertama baru digelar kemarin (18/9), Indonesia yang menurunkan empat wakilnya harus kehilangan satu pasangan. Vita Marissa yang berduet dengan Variella Aprilsasi Putri Lejarsar harus kandas di babak pertama. Mereka menyerah dalam laga tiga game 21-14, 17-21 dan 12-21 atas wakil tuan rumah Kugo Asumi/Yui Miyauchi.

Sementara itu, kejutan dihadirkan oleh duet Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii. Bermain selama lebih dari 100 menit, duet reuni Nitya/Greysia akhirnya bisa menundukkan unggulan enam Miyuki Maeda/Satoko Suetsuna. Bermain dihadapan pendukung tuan rumah, Nitya/Greysia sempat kehilangan game pertama dengan skor tipis 19-21. Tapi akhirnya mereka mmapu mengalahkan andalan tuan rumah itu dengan skor 21-12, 21-14.

Kemenangan Nitya/Greysia atas Miyuki/Satoko merupakan lanjutan kemenangan dari ganda Indonesia lainnya, Gebby Ristiyani Imawan/Tiara Rosalia Nuraidah. Mereka terlebih dahulu memastikan diri untuk berlaga di babak 16 besar. Gebby/Tiara sukses membungkam wakil Thailand, Natcha Saengchote/Sarita Suwannakitborihan dengan 21-16, 21-12.

"Di game pertama, kami masih meraba kemampuan lawan dan menyesuaikan dengan kondisi lapangan, jadi mainnya belum enak. Kami lebih yakin diu game kedua dan bisa mengatasi mereka. Lawan kami juga masih belum matang permainannya,"
ujar Tiara seperti dilansir web PBSI.

Di babak kedua, Gebby/Tiara akan ditantang oleh Bao Yixin/Zhong Qianxing. Diatas kertas, Gebby/Tiara tetap punya peluang untuk bisa memenangkan tiket ke perempat final, catatan kemenangan Gebby/Tiara atas Bao tentu menjadi sebuah nilai tambah, meskipun dipertemuan sebelumnya, Bao berduet dengan Tian Qing. Kala itu di Kejuaraan Asia, Gebby/Tiara menang dengan 26-24, 21-23, dan 21-13.

Sementara Nitya/Greysia akan berhadapan dengan Cheng Wen Hsing/Hsieh Pei Chen dari Taipei yang menang tanpa bertanding di babak pertama, setelah Naoko Fukuman, Kurumi Yunao batal tampil. Pertemuan ini akan menjadi pertemuan perdana kedua pasangan ini. Diatas kertas Nitya/Greysia yang menghuni rangking 55 dunia, satu tingkat diatas duet Cheng/Hsieh yang berada di posisi 56.

Jika menang, maka Nitya/Greysia berpeluang untuk mengamankan satu tempat di partai semifinal, karena di perempat final mereka berpeluang untuk berjumpa dengan sesama pemain Indonesia. Dimana pasangan Pia Zebadiah/Rizky Amelia yang mendapat bye di babak pertama ini, bisa membalas kekalahan yang dialami Vita/Variella, di babak kedua yang akan digelar hari ini (19/9). Pia/Rizky akan menantang Kugo/Yui. (IR)