Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [French Open Super Series 2013] Indonesia Raih Dua Nomor Semifinal
26 Oktober 2013
[French Open Super Series 2013] Indonesia Raih Dua Nomor Semifinal
 
 

Indonesia mempunyai dua wakil di babak semifinal kejuaraan bulutangkis French Open Super Series 2013. Dua wakil di babak semifinal datang dari nomor yang tidak diunggulkan. Ganda putri yang semula diperkirakan akan berat menuju babak semifinal, justru membuat kejutan besar. Ganda putra pun memberikan kejutan tambahan di babak perempat final yang dilangsungkan kemarin (25/10).

Pasangan ganda putri yang baru di gabungkan kembali, Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii membuat kejutan besar di kejuaraan berhadiah total US$ 200.000,-. Datang tanpa memiliki unggulan sama sekali, justru membuat penampilan mereka luar biasa. Wang Xiaoli/Yu Yang, pasangan asal China yang selalu menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh ganda putri dunia ditumbangkan. Nitya/Greysia tak melihat rekor pertemuan mereka yang masih di pegang ganda China 2-0 sebagai satu halangan. Unggulan utama ganda putri ini tumbang di tangan ganda putri Indonesia dalam drama rubber game.

Ganda putri Indonesia tampil rapi dan mampu merebut game pertama dengan 21-17.  Di game kedua pasangan China sepertinya lebih siap dan balik menang dengan 21-14. Di game penentuan ganda Indonesia tampil memukau. Ganda China di tekuk dengan kedudukan akhir 23-21. Selain meluncur ke babak semifinal, Nitya/Greysia memperkecil head to head antar kedua kedua pasangan menjadi 2-1.

Di ganda putra, Markis Kido/Markus Fernaldi Gideon juga membuat kejutan sebelum masuk babak empat besar. Unggulan ke-7 asal Korea Selatan Ko Sung Hyun/Shin Baek Choel di kalahkan hanya dalam dua game 23-21, 21-17.

Kedua wakil Indonesia di babak semifinal kembali harus bertemu lawan berat. Nitya/Greysia lagi-lagi harus menghadapi ganda China yang juga merupakan juara Denmark Open Super Series Premier 2013, Bao Yixin/Tang Jinhua. Ini merupakan pertemuan kali kedua  bagi kedua pasangan ini. Pertemuan pertama yang terjadi pada kejuaraan Denmark Open Super Series Premier 2013, pasangan ganda putri Indonesia kalah rubber game. Lawan tak kalah berat harus di temui wakil ganda putra, Markis Kido/Markus Fernaldi Gideon. Di babak empat besar, ganda yang juga belum lama di sandingkan ini  akan bertemu juara All England Super Series 2013, Liu Xiaolong/Qiu Zihan asal China.

Wakil-wakil Indonesia lainnya harus terhenti di babak semifinal. Pasangan ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir kalah dari pasangan Inggris Chris Adcock/Gabrielle White dengan 20-22, 17-21. Praveen Jordan/Vita Marissa gagal membuat kejutan tambahan. Kali ini pasangan yang berada pada peringkat 11 dunia ini menyerah dari pasangan China Xu Chen/Ma Jin dengan 12-21, 23-25.  Dua wakil tunggal putra Indonesia juga gagal menembus babak semifinal. Tommy Sugiarto di kalahkan unggulan ke-3 Kenichi Tago dengan 19-21, 21-23. Dionysius Hayom Rumbaka kembali menyerah untuk keempat kalinya dari Jan O Jorgensen asal Denmak. Kali ini hayom kalah dengan 19-21, 13-21. (AR)