Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kualifikasi Piala Thomas & Uber 2016] Tim Thomas Indonesia Menang 3-0 Dari Tim Hongkong
19 Februari 2016
[Kualifikasi Piala Thomas & Uber 2016] Tim Thomas Indonesia Menang 3-0 Dari Tim Hongkong
 
 

Pertandingan yang berlangung di Gachi Bowli Stadium, Hyderabad, Jumat (19/2) siang waktu India, telah memasuki babak perempat final kualifikasi piala Thomas 2016. Di laga ini, Tim Thomas Indonesia mampu mengalahkan Tim Hongkong dengan skor 3-0.

 

Poin pertama tim Indonesia diraih oleh pemain tunggal Tommy Sugiarto. Tommy menang mudah dari Hu Yun. Di game pertama saja, Tommy tidak butuh waktu lama untuk merebut kemenangan. Tommy menang telak, 21-8. Game kedua, Tommy semakin percaya diri. Walau masih ada kesalahan sendiri tapi masih bisa di perbaiknya. Tommy menang, 21-13.

 

Seperti dilansir oleh badmintonindonesia.org, Tommy mengaku kalau dirinya banyak melakukan pola menyerang hari ini dan tidak memberikan kesempatan Hu Yun untuk menyerang. Walaupun bola sulit, sebisa mungkin ia tetap mendatarkan bola supaya tidak terserang oleh Hu Yun. Intinya berusaha sebisa mungkin membatasi serangan Hu Yun.

 

Giliran pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menyumbangkan poin kedua untuk tim Indonesia. Tetapi tidak mudah buat bagi mereka, menaklukan pasangan Chin Chung Or/Tang Chun Man. Game pertama mereka harus mengakui kehebatan musuh dan menyerah dengan skor tipis, 24-26. Game kedua, Ahsan/Hendra membalikkan keadaan dan menang, 21-17 dan 21-19.

 

"Game pertama kami kesulitan mengontrol bola, mereka bermain lepas dan tanpa beban. Yang cukup menyulitkan karena dua-duanya adalah tangan kidal, itu membuat kami sering salah menaruh bola. Game kedua kami berusaha untuk menurunkan bola dan sebisa mungkin melakukan net-net terlebih dahulu. Game ketiga, kami banyak bermain bola depan dan no lob. Service dari lawan juga cukup bagus, jadi kami sering kesulitan mengembalikan bola tersebut dengan baik,” Kata Hendra.

 

Anthony Sinisuka Ginting menjadi penentu kemenangan tim Kualifikasi Piala Thomas Indonesia setelah berhasil mengalahkan tunggal kedua Hongkong, Ng Ka Long Angus dengan skor, 25-23, 21-14.

 

"Saya banyak melakukan serangan di game pertama tadi karena posisi saya menang angin, tetapi hari ini saya banyak membuang bola langsung 3-4 poin, jadi itu yang mesti saya perbaiki, harus lebih fokus lagi dalam mengembalikan bola. Karena posisi lawan yang menang angin, saya banyak menaruh bola di depan net, akibatnya pada saat melambungkan bola, banyak bola-bola yang out atau tanggung, sehingga mudah bagi saya untuk melakukan smash atau drop shot,” tutur Anthony.

 

Tim Kualifikasi Piala Thomas Indonesia akhirnya berhasil maju ke babak semifinal Kualifikasi Piala Thomas 2016, setelah unggul atas Hongkong dengan skor 3-0.

 

“Saya melihat penampilan para pemain, makin hari makin membaik. Mereka bisa menguasai kondisi lapangan dengan lebih baik dan cepat. Menurut saya ini adalah salah satu faktor penting untuk bermain di Stadium ini,” ungkap Rexy Mainaky selaku Manager Tim Piala Thomas Uber Indonesia.

Sementara tim Uber Indonesia harus puas sebagai perempatfinalis. Indonesia dikalahkan tim kuat China dengan skor, 0-3. (ds)