Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Mengenal Lebih Jauh Turnamen Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2022
29 November 2022
Mengenal Lebih Jauh Turnamen Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2022
 
 

Pekan ini puluhan atlet muda PB Djarum ambil bagian pada Toyota Gazoo Racing Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2022. Turnamen ini berlangsung di Chaengwattana Hall, Central Plaza Chaengwattana, Nonthaburi, Thailand, pada 29 November-4 Desember mendatang.

Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships 2022 diselenggarakan setiap tahunnya dan diikuti atlet bulutangkis yang berasal dari negara di Asia. Tahun ini terhitung ada 15 negara ambil bagian di turnamen ini. Barisan negara tersebut diisi oleh Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, India, Korea, Jepang, Arab Saudi, Myanmar, Hong Kong, Taiwan, Vietnam, Pakistan, Sri Lanka, dan Brunei Darussalam.

Berbeda dengan Badminton Asia Junior Champhionships (AJC) yang diikuti atlet U19, turnamen ini mempertandingkan dua kategori usia yaitu  U15 dan U17. Masing-masing kategori usia memainkan lima nomor pertandingan.

Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships pertama kali digelar pada tahun 2006 di Tomioka, Jepang. Saat itu pertandingan hanya memainkan delapan nomor yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri. Kemudian pada tahun 2013, nomor ganda campuran baru dipertandingkan. Saat itu, turnamen berlangsung di GOR Djarum Kudus, Jawa Tengah, Indonesia.

Dari turnamen ini, banyak lahir pemain bulutangkis top dunia, seperti Lee So Hee/Shin Seung Chan (Korea), Jonatan Christie (Indonesia), Akane Yamaguchi (Jepang), An Se Young (Korea) hingga Shi Yuqi (China).

Bahkan ganda putri nomor satu Indonesia saat ini, Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti juga pernah mencicipi gelar juara di turnamen ini, bersama pasangan mereka masing-masing saat junior dulu.

Indonesia pertama kali mendapat gelar di turnamen ini pada tahun 2010, yang berlangsung di Chiba, Jepang. Dua gelar diraih tim Merah Putih lewat tunggal putra U15, Jonatan Christie dan ganda putra U15 besutan PB Djarum, Jeka Wiratama/Rafidias Akhdan Nugroho.

Hingga terakhir kali, turnamen ini berlangsung di Surabaya, Jawa Timur pada 2019 lalu, sebanyak 19 gelar juara sudah berhasil dikumpulkan oleh tim Indonesia di Badminton Asia U17 & U15 Junior Championships. (NAF)