Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [SEA Games Cambodia 2023] All Indonesian Final: Tunggal Putra dan Ganda Putri Pastikan Medali Emas
15 Mei 2023
[SEA Games Cambodia 2023] All Indonesian Final: Tunggal Putra dan Ganda Putri Pastikan Medali Emas
 
 

Bulutangkis Indonesia dipastikan memboyong dua medali emas dan dua medali perak dari nomor individu, sektor tunggal putra, dan ganda putri di SEA Games Cambodia 2023. Ini dipastikan setelah kedua sektor tersebut menciptakan all Indonesian final.

Partai all Indonesian final pertama akan mempertemukan Chico Aura Dwi Wardoyo dengan Christian Adinata. Berlaga di Badminton Hall Morodok Techo, Phnom Penh, keduanya sama-sama menghentikan wakil Malaysia melalui straight game.

Chico mengalahkan Lee Shun Yang dengan 21-15, 21-18, sementara Christian menang 21-19, 21-12 dari Leong Jun Hao.

“Puji Tuhan bisa ke final, tidak menyangka karena sebenarnya saya tidak main perorangan. Tapi karena Mas Vito (Shesar Hiren Rhustavito) cedera, maka saya yang menggantikan,” kata Christian.

“Dari awal saya sudah memainkan pola yang benar. Tapi di poin-poin akhir game pertama saya sempat terkejar dan itu membuat agak panik lalu terburu-buru. Untungnya saya bisa coba lebih tenang lagi dan berhasil mengambil game pertama. Di game kedua saya menerapkan pola permainan yang sama dan saya bisa konsisten sampai akhir,” ungkap Christian.

“Alhamdulillah saya bisa mengeluarkan permainan terbaik tanpa cedera. Rasanya senang alhamdulillah, tapi kan perjuangan belum selesai. Jadi harus tetap fokus sampai pertandingan final nanti,” kata Chico ditemui secara terpisah.

Sektor ganda putri juga tak mau ketinggalan. Meski tak diberi target khusus, mereka mampu membuktikan dengan merebut dua tiket final. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose akan saling berhadapan dan memperebutkan medali emas.

Di semifinal Febriana/Amalia mengalahkan Lee Xin Jie/Low Yeen Yuan (Malaysia) dengan 21-9, 21-9. Sementara Meilysa/Rachel menang 21-10, 21-17 dari Cheng Su Hui/Cheng Su Yin (Malaysia).

“Alhamdulillah hari ini kami bermain maksimal dan tenang. Kami juga bisa bermain sesuai dengan apa yang kami harapkan,” kata Amalia.

“Harapannya kami bisa bermain maksimal mungkin dan memperbaiki kesalahan hari ini, supaya tidak terulang,” kata Febriana.

Dengan demikian target tiga medali emas dari individu Indonesia sudah hampir tercapai. Indonesia berpeluang menambah emas lagi dari ganda campuran lewat Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Namun sebelumnya mereka harus berhadapan dengan Roy King Yap/Cheng Su Yin (Malaysia) terlebih dahulu. (NAF)