Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [French Open 2024] Anthony dan Chico Amankan Posisi di 16 Besar
06 Maret 2024
[French Open 2024] Anthony dan Chico Amankan Posisi di 16 Besar
 
 

Dua tunggal putra Indonesia mengamankan posisi ke babak 16 besar Yonex French Open 2024. Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo sama-sama berhasil mengalahkan lawannya di babak pertama.

Kemenangan pertama diamankan Anthony pada Selasa (5/3) di Arena Porte de la Chapelle, Paris, Prancis. Anthony akhirnya berhasil ‘pecah telur’ dari Weng Hong Yang (China) setelah di empat pertemuan sebelumnya selalu kalah dari Weng.

“Puji Tuhan bisa bermain dengan baik dan menyelesaikan pertandingan tanpa cedera. Di game pertama permainan saya tidak berkembang, serba salah mau bermain seperti apa. Tapi di game kedua saya tidak mau menyerah begitu saya, terus cari cara, terus cari solusi buat dapat strategi yang tepat. Setelah interval, saya mulai menemukan polanya dan berhasil sampai akhir,” kata Anthony.

“Tidak ada beban karena belum bisa menang melawan dia. Sebenarnya di pertemuan terakhir, sudah ada perkembangan yang baik dari sisi permainannya. Selain itu, saya ada diskusi dengan pelatih dan teman-teman seperti Jonatan (Christie) dan Chico (Aura Dwi Wardoyo) yang pernah bertemu Wong Heng Yang juga. Dari sana, ada masukkan-masukkan yang tidak saya pikirkan sebelumnya. Bersyukur strateginya berhasil,” lanjut Anthony.

Sementara Chico memastikan kemenangannya pada Rabu (6/3). Chico tampil dalam tiga game dalam menghadapi Kodai Naraoka (Jepang). Dalam 89 menit, Chico menang dengan skor 14-21, 22-20, 21-17.

“Sangat bersyukur saya bisa memenangkan pertandingan hari ini. Tadi saya mencoba meladeni permainan dia dengan lebih sabar, mengadu fisik dan kekuatan karena saya tahu dia pemain yang ulet dan tidak mudah dimatikan,” kata Chico.

“Di game pertama saya masih menganalisa permainan dan adaptasi juga dengan lapangan. Ini pertandingan pertama dan juga pertemuan pertama saya dengan dia. Di game kedua ritmenya sudah lumayan ketemu. Saat setting saya coba lebih tenang dan secepat mungkin ambil inisiatif serangan,” ujarnya.

“Di game ketiga, saya rasa dengan pertandingan yang panjang saya punya kelebihan stamina jadi bisa memainkan pola dengan konsisten dan fokus yang masih terjaga. Cukup puas dengan performa tadi tapi sekarang harus mengalihkan perhatian ke laga berikutnya,” jelas Chico panjang lebar.

Sayangnya kemenangan yang sama tak bisa diraih oleh Jonatan Christie. Jonatan gagal mengatasi permainan Wang Tzu Wei (Taiwan), meski sudah berhasil merebut game pertama. Jonatan kalah 21-12, 21-23, 17-21 dalam 74 menit.

“Hasil yang bukan saya harapkan. Persiapan selama satu bulan yang sangat baik tapi hasilnya malah berlawanan. Tidak mudah karena harusnya awal ini bisa menjadi momentum menuju Olimpiade. Tapi saya pasti mau bangkit, itu saja yang bisa saya katakan sekarang,” tutur Jonatan. (NAF)