Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Thomas & Uber 2024] Tim Uber Indonesia Sapu Bersih Kemenangan Atas Uganda
29 April 2024
[Piala Thomas & Uber 2024] Tim Uber Indonesia Sapu Bersih Kemenangan Atas Uganda
 
 

Tim putri Indonesia menyapu bersih kemenangan di babak penyisihan Grup C Piala Uber 2024 dari Uganda. Di atas kertas, Indonesia memang jauh lebih berpengalaman dan diunggulkan untuk menang. Lima wakil yang diturunkan pun berhasil merebut kemenangan straight game.

Membuka kemenangan di lapangan, tiga tunggal putri Indonesia tampil merebut poin untuk Indonesia dengan sempurna. Ester Nurumi Tri Wardoyo mengalahkan Husina Kobugabe dengan skor 21-5, 21-6 dalam 18 menit. Kemudian Komang Ayu Cahya Dewi berhasil menang 21-6, 21-13, atas Gladys Mbabazi. Di urutan berikutnya debutan Indonesia, Ruzana, tampil baik dengan kemenangan 21-10, 21-12 dari Tracy Naluwooza.

“Memang instruksi dari pelatih hari ini untuk lebih ngenakin permainan. Jadi tadi saya menerapkan rally-rally saja tapi di akhir-akhir mungkin tempo saya terlalu pelan, sementara lawan menjadi lebih cepat. Dari situ saya mengubah dengan banyak menyerang, banyak smash,” ungkap Komang.

“Untuk ukuran pemain Uganda, saya merasa kualitas lawan tadi cukup lumayan,” lanjut Komang soal permainan lawan.

Setelah unggul 3-0, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tak mau ketinggalan kereta. Keduanya menang 21-9, 21-11 dalam 21 menit dan menyumbangkan poin keempat untuk Indonesia.

“Kami mengapresiasi permainan tim Uganda. Mereka hanya empat orang tapi benar-benar semangat mau menunjukkan yang terbaik,” kata Fadia.

Sebagai penutup, ganda putri kedua yang diturunkan, Lanny Tria Mayasari/Rachel Allessya Rose merebut kemenangan 21-16, 21-8 dari Fadilah Shamika Mohamed Rafi/Tracy Naluwooza. Keduanya mengaku mampu beradaptasi dengan baik sebagai pasangan di lapangan, karena sudah sering berlatih bersama.

“Alhamdulillah bisa memenangkan pertandingan hari ini dengan baik, tanpa cedera. Secara membangun chemistry saya dengan Rachel tidak terlalu sulit karena kan kami sudah sering latihan bersama, di luar lapangan kami juga dekat,” ungkap Lanny.

Lanny dan Rachel hari ini dipasangkan, menyusul kondisi masing-masing partner mereka yang sedang dalam masa pemulihan.

“Karena pasangan kita sama-sama lagi ‘direparasi’, jadi kami yang ada tampil untuk bermain hari ini sebagai pasangan,” pungkas Rachel.

Dengan hasil ini maka Indonesia dipastikan berhasil lolos ke babak perempat final. Namun sebelumnya, tim Merah-Putih masih harus menjalani satu pertandingan penyisihan lagi, untuk memastikan posisi juara atau runner up grup.

Di mana Indonesia akan berhadapan dengan tim Jepang pada Rabu (1/5).

“Kami akan siap terus, siapa pun nanti yang diturunkan. Karena dengan Jepang akan melawan senior semua yang jam terbangnya tinggi dan rangkingnya bagus-bagus semua. Jadi kami mau main nothing to lose saja,” kata Rachel. (NAF)