Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Makna Logo SEA Games Cambodia 2023
25 April 2023
Makna Logo SEA Games Cambodia 2023
 
 

Logo SEA Games 2023 Kamboja terinspirasi oleh Angkor Wat, sebuah kuil Buddha yang berlokasi di Siem Reap dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kamboja. Angkor Wat termasuk salah satu situs warisan dunia UNESCO. Angkor Wat merupakan simbol dan identitas negara Kamboja. Angkor Wat digambarkan dengan warna emas di logo SEA Games 2023.

Warna emas dipilih karena melambangkan kerajaan, kemajuan berkelanjutan dalam kekayaan, kesehatan, dan kebahagiaan. Angkor Wat di logo SEA Games 2023 ditopang oleh 4 naga dengan 4 warna berbeda.

Naga dipilih ke dalam logo karena memberikan stabilitas bagi Kerajaan Kamboja. Warna hijau, merah, biru, dan kuning tersebut juga memiliki arti spesial. Keempat warna tersebut menandakan persatuan dan keragaman masyarakat Asia Tenggara. Dengan kata lain, keempat naga yang bersatu dalam logo tersebut merupakan cerminan nyata dan mengusung semangat keberagaman Asia Tenggara di ajang olahraga SEA Games 2023 ini.

Kamboja juga mengangkat "Sports: Live in Peace" menjadi motto SEA Games 2023. Motto tersebut terinspirasi dari masyarakat Kamboja yang saat ini sedang menikmati kedamaian dan stabilitas. Olahraga juga diharapkan menjadi katalis transformasi ekonomi dan sosial bangsa Kamboja. (NAF/dbs)