Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Berkenalan dengan Borey dan Romdoul, Maskot SEA Games 2023
24 April 2023
Berkenalan dengan Borey dan Romdoul, Maskot SEA Games 2023
 
 

SEA Games Cambodia 2023 sudah mulai bergulir. Meski baru dibuka secara resmi pada 5 Mei mendatang, beberapa cabang olahraga sudah mulai dipertandingkan.

SEA Games merupakan kejuaraan multi event yang diikuti oleh 11 negara Asia Tenggara (ASEAN). Yaitu, Indonesia, Kamboja, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Laos, Vietnam, Myanmar, dan Timor Leste. Tahun ini SEA Games memasuki edisi ke-32.

Kamboja sebagai tuan rumah memilih sepasang kelinci bernama Borey dan Romdoul sebagai maskot SEA Games 2023. Borey merupakan kelinci jantan, sementara Romdoul adalah kelinci betina. Nama Romdoul sendiri diambil dari nama bunga nasional Kamboja. Bunga Romdoul sangat dihormati dalam tradisi rakyat Kamboja.

Pemilihan Borey dan Romdoul sebagai maskot memiliki sejumlah makna yang merepresentasikan Kamboja sebagai tuan rumah. Maskot SEA Games 2023 Borey dan Romdoul merepresentasikan makna solidaritas.

Borey dan Romdoul juga digambarkan sebagai atlet Bokator. Bokator merupakan salah satu jenis olahraga seni bela diri atau martial arts tradisional di Kamboja yang kerap digunakan pasukan militer Khmer pada zaman dahulu.

Bokator yang secara harfiah berarti "menghajar singa" kini mulai dihidupkan lagi dan akan menjadi salah satu cabor di SEA Games 2023. Bela diri Bokator memang belum terkenal di dunia olahraga profesional. Namun, Kamboja memiliki 1 atlet Bokator terkenal bernama Tharoth Sam.

Wanita berusia 24 tahun itu beberapa kali tampil di One FC. Tharoth dikenal sebagai sosok yang memiliki nama panggung "Little Frog."

Dalam tradisi Kamboja, kelinci juga menggambarkan karakter menyenangkan sekaligus nilai-nilai ajaran Buddha yang menginspirasi seperti adil, jujur, berpengetahuan, dan berguna di masyarakat. Kelinci juga dianggap sebagai gambaran kesetaraan gender dalam olahraga. (NAF/dbs)