Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Owi/Butet Dinanti Pertarungan Sengit
25 Juli 2012
Owi/Butet Dinanti Pertarungan Sengit
 
 

Drawing Olimpiade London 2012 sudah usai dilakukan pada pukul 17.00 WIB senin (23/7) lalu, dengan sistem baru di Olimpide hanya ada empat unggulan. Keempat unggulan teratas ini kemudian ditempatkan diempat grup berbeda. Dimana di sektor ganda campuran, unggulan ditempati oleh Zhang Nan/Zhao Yunlei yang otomatis berada di grup A, Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen menempati grup B, pasangan Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Grup C, dan unggulan lain yang juga asal China, Chen Xu/Ma Jin di Grup D.

Di Grup C ini, Tontowi/Liliyana berada satu grup bersama dengan Lee Yong Dae/Ha Jung Eun dari Korea, Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl dari Denmark serta salah satu ganda campuran andalan India, Diju V/Jwala Gutta. Bisa dikatakan drawing ini dan persaingan di grup C ini akan menjadi salah satu persaingan paling sengit, dimana kekuatan dari keempat pasangan ini terbilang merata.

Diatas kertas, Owi/Butet – begitu Tontowi/Liliyana akrab disapa, memang unggul. Saat ini mereka menghuni rangking 4 dunia, sementara sang calon lawan Lee/Ha adalah penghuni rangking 9 dunia, Laybourn/Juhl menghuni posisi ke delapan, serta Diju/Gutta ada di angka ke 13.

Catatan pertemuan ganda campuran yang diharapkan mampu menyambung tradisi emas Indonesia ini, memang lebih baik di bandingkan lawan-lawannya. Melawan Diju/Gutta, Owi/Butet unggul 1-0 dimana pertemuan ini terjadi pada tahun 2011 silam di Prancis Open 2011 dimana mereka menang dengan cukup mudah 21-16 dan 21-8.

Pertarungan sesungguhnya akan terjadi antara mereka melawan Laybourn/Juhl dan Lee/Ha. Melawan ganda Denmark, Owi/Butet mencatat dua kemenangan dan satu kekalahan. Kekalahan ini terjadi di China Open Super Series 2011, dimana kala itu Laybourn/Juhl yang tidak diunggulkan sanggup menyudahi perlawanan Owi/Butet di babak kedua dengan dua game saja, 21-17 dan 21-13. Tetapi di pertemuan terakhir, Owi/Butet berhasil melakukan revans saat mereka menjadi juara All England awal tahun 2012. Kedua pasangan ini bersua di babak semifinal, dan Owi/Butet menang 21-17 dan 21-19.

Sementara peraih medali emas ganda campuran tahun 2008 silam di Beijing, Lee Yong Dae pun sepertinya akan menjadi salah satu sandungan di grup C ini. Sepanjang 2011 dan 2012 Owi/Butet sudah enam kali berjumpa dengan Lee/Ha dengan skor 4-2. Pertemuan nanti di London akan menjadi pertemuan ketiga mereka di tahun 2012 ini.

Di pertemuan pertama, Owi/Butet dipaksa menyerah tiga game di Korea Open Super Series Premier 2012 awal tahun. Mereka kalah dari ganda tuan rumah itu dengan 16-21, 21-15 dan 16-21. Tetapi di India, saat Owi/Butet menciptakan kemenangan hattrick di tiga kejuaraan, mereka sukses mengalahkan salah satu musuh bebuyutannya itu dengan skor telak 21-7 dan 21-14.

Usai melakoni babak kualifikasi, para atlet sudah akan dinanti oleh babak knock out. Dimana Juara grup A akan bersua dengan runner up grup C, juara Grup B bertemu dengan runner up grup D, runner up grup A bersua dengan juara grup C, serta runner up grup B akan bersua dengan juara grup D.

Berikut daftar lengkap drawing Ganda Campuran

Grup A

1.    Zhang Nan/Zhao Yunlei [1] (China)
2.    Alexandr Nikolaenko/Valeri Sorokina (Rusia)
3.    Michael Fuchs/Birgit Michels (Jerman)
4.    Chris Adcock/Imogen Bankier (Inggris Raya)

Grup B

1.    Joachim Fischer/Cristinna Pedersen [2] (Denmark)
2.    Shintaro Ikeda/Reiko Shiota (Jepang)
3.    Tobi Ng/Grace Gao (Denmark)
4.    Robert Mateusiak/Nadiezda Zieba (Polandia)

Grup C

1.    Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir [3] (Indonesia)
2.    Thomas Laybourn/Kamilla Rhytter Juhl (Denmark)
3.    Lee Yong Dae/Ha Jung Eun (Korea)
4.    Diju V/Jwala Gutta (India)

Grup D

1.    Chen Xu/Ma Jin [4] (China)
2.    Sudket Prapakamol/Saralee Thongthongkam (Thailand)
3.    Peng Soon Chan/Liu Ying Goh (Malaysia)
4.    Chen Hung Lin/Cheng Wen Hsing (Taipei)