Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > All Indonesian Final di Ganda Campuran
30 September 2012
All Indonesian Final di Ganda Campuran
 
 

Tiga dari empat atlet yang akan berlaga di partai puncak nomor ganda campuran Indonesia Open Grand Prix Gold 2012 adalah binaan PB Djarum. Muhammad Rijal, Debby Susanto dan Tontowi Ahmad adalah punggawa dan srikandi yang dibesarkan PB yang bermarkas di Kudus ini. Sementara satu atlet lainnya yakni Liliyana Natsir dicetak oleh PB Tangkas Specs. Di partai final Indonesia Open Grand Prix Gold 2012 nanti, Rijal/Debby akan bersua dengan Tontowi/Liliyana.

Keduanya berhasil membukukan kemenangan di laga semifinal yang berlangsung kemarin (29/9) di Palembang Sport and Convention Center (PSCC). Rijal/Debby terlebih dahulu berhasil memastikan tiket ke babak final, sekaligus memastikan all Indonesian final. Rijal/Debby sukses menyingkirkan satu-satunya wakil non Indonesia yakni Kim Sa Rang/Eom Hye Won. Unggulan kedua ini, sukses menghentikan Kim/Eom dalam dua game langsung. Sempat terseok diawal game, mereka akhirnya mampu menyudahi perlawanan ganda unggulan delapan itu dengan 21-12 di kedua game.

"Dari awal kami sudah menyerang dan mereka pun sepertinya tertekan. Mereka memiliki permainan no lob yang bagus, itu yang pasti membuat lawan-lawan kesulitan, tetapi alhamdulillah bisa menang," ujar Rijal.

Tontowi/Liliyana kemudian menyusul kemenangan Rijal/Debby. Semifinalis Olimpiade London 2012 ini berhasil menghentikan pasangan kakak beradik, Markis Kido/Pia Zebadiah. Sepertinya baru inilah partai yang cukup berat yang dihadapi oleh pasangan Tontowi/Liliyana. Mereka sebelumnya relatif mampu menang mudah, sementara saat melawan Kido/Pia, mereka harus berjibaku dan perolehan angka pun berlangsung ketat. Meski demikian, Tontowi/Liliyana menunjukkan kelasnya dan akhirnya menang 21-19 dan 21-19.

Pekan lalu di Jepang Open Super Series, Rijal berhasil menjadi runner up tetapi ia tidak berpasangan dengan Debby yang harus bertarung di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) Pekanbaru. Rijal berpasangan dengan calon lawannya di final, Liliyana. Menghadapi partai final, Rijal mengakui bahwa rivalnya cukup berat. "Untuk final konsentrasi dan fokus saja," tuturnya.

Akankah Rijal/Debby membuat sejarah baru dengan menjadi juara di Indonesia Grand Prix Gold 2012? ataukah Tontowi/Liliyana mampu mengulang prestasi mereka di ajang yang sama dua tahun lalu? (IR)