Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [All England Super Series Premier 2013] Tontowi/Liliyana Lalui Hadangan Pertama
07 Maret 2013
[All England Super Series Premier 2013] Tontowi/Liliyana Lalui Hadangan Pertama
 
 

Sumber foto: badmintonindonesia.org

Sebanyak lima pasang ganda campuran asal Indonesia menguasai babak kedua kejuaraan  bulutangkis tertua di dunia, All England 2013. Lima pasang ganda campuran Indonesia menang dari lawan-lawannya pada babak pertama yang di mainkan kemarin (6/3).

Juara bertahan pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir lalui hadangan pertama. Unggulan kedua ini mengulang sukses kemenangan dari ganda Jerman Michael Fuchs/Bitgit Michels. Dalam dua game, Tontowi/Liliyana menang dengan 21-10, 21-15.

“Karena menang mudah di game pertama, kami jadi lengah. Tapi kami tampil lebih siap, jadi kami bangkit dan bisa menyusul,“ ujar Liliyana seperti yang di lansir pada situs resmi PB PBSI.

“Kami belajar dari pengalaman sebelumnya, dulu kalau tertinggal kadang down. Sekarang harus bisa bangkit dan keluar dari tekanan. Setelah kami bisa dapat gelar di kejuaraan penting seperti di All England, kami tampil lebih yakin di lapangan,” tambah Liliyana.

Muhammad Rijal/Debby Susanto juga ikut melenggang ke babak kedua. Seperti yang sudah diperkirakan sebelumnya, unggulan ke tujuh ini mendapat perlawanan ketat dari ganda Singapura Danny Bawa Chrisnanta/Yu Yan Vanessa Neo. Kalah di game pertama dengan 13-21, pasangan Indonesia berbalik unggul dan menang di dua game berikutnya dengan 21-17, 21-14.

Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati juga tidak mau kalah. Pasangan dari India Tarun Kona/Ashwini Ponnapa berhasil dikalahkan kemarin. Fran/Shendy menang dalam dua game dengan 21-18, 21-10.

Praveen Jordan yang berpasangan dengan pemain senior Vita Marissa juga lolos ke babak kedua. Meski harus bermain dari babak kualifikasi, Praven/Vita menang dari pasangan China Taipei Chen Hung Ling/Pai Hsiao Ma. Hanya saja butuh tiga game bagi ganda yang baru disandingkan ini untuk bermain di babak kedua. Kemenangan di game pertama dengan 21-15, tak mampu di pertahankan dan kalah di game kedua dengan 16-21. Beruntung di game penentuan pasangan Indonesia kembali bisa bangkit dan menang dengan 21-11.

Pasangan kakak beradik, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth membuat kejutan besar di babak pertama. Ganda campuran Indonesia yang berada di pool bawah ini sukses menghentikan aksi unggulan keempat ganda campuran Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen  asal Denmark. Butuh rubber game bagi Kido/Pia untuk menang dengan 12-21, 21-19, 23-21.

Di babak kedua yang akan dimainkan hari ini (7/3), Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan menjamu pasangan Korea Selatan Kim Ki Jung/Jung Kyung Eun. Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth yang berada satu bagan undian dengan Tontowi/Liliyana juga akan berhadapan dengan pemain Korea Selatan lainnya Shin Baek Choel/Jang Ye Na.

Dua dari tiga pasangan ganda campuran Indonesia yang ada di paruh undian atas akan bertemu pasangan unggulan. Praveen Jordan/Vita Marissa langsung bertemu pemegang medali emas Olimpiade London 2012 Zhang Nan/Zhao Yunlei. Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati akan menghadapi unggulan ke tiga Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dari Malaysia. Sementara itu Muhammad Rijal/Debby Susanto akan bersiap bermain dengan ganda Prancis Jorrit De Ruiter/Samanta Barning.

Pasangan Riky Widianto/Richi Dili Puspita menjadi satu-satunya pasangan ganda campuran Indonesia yang kandas di babak pertama. Mereka dikalahkan pasangan Korea Selatan Shin Baek Shoel/Jang Ye Na dengan 15-21, 14-21. (AR)