Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [SEA Games 2021] Hadapi Tuan Rumah, Tim Putri Waspadai Tekanan Penonton
16 Mei 2022
[SEA Games 2021] Hadapi Tuan Rumah, Tim Putri Waspadai Tekanan Penonton
 
 

Tim putri Indonesia akan menghadapi tuan rumah di laga semifinal SEA Games Vietnam 2021. Pertandingan yang berlangsung di Bac Giang Gymnasium, besok (17/5) pada pukul 09.00 WIB itu, diperkirakan akan memiliki tantangan tersendiri. Sorak sorai dukungan penonton yang hadir langsung di arena pertandingan dipastikan akan mewarnai laga tersebut. Kondisi ini jika tidak dihadapi dengan baik, bisa menjadi boomerang yang mengganggu fokus para pemain di lapangan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky pun berharap para atlet bisa mengatasi hal tersebut.

“Tim putri besok menghadapi tuan rumah, jadi harus bersiap menghadapi tekanan penonton. Jangan sampai itu mengganggu konsentrasi mereka di lapangan. Nanti kami akan persiapkan anak-anak agar bisa fokus dan tidak tertekan oleh penonton,” kata Rionny kepada PBDjarum.org.

Selain itu, jajaran pemain putri Vietnam juga perlu diwaspadai oleh Srikandi Merah Putih. Sebab dua pemain tunggal tim lawan, yaitu Nguyen Thuy Linh dan Vu Thi Trang, merupakan pemain lama yang sudah berpengalaman.

"Pemain kita juga harus mewaspadai pemain-pemain Vietnam. Dua tunggal putri mereka sangat berpengalaman walau sudah tidak banyak ikut bertanding. Tapi saya yakin, dengan motivasi tinggi dan tampil tanpa rasa takut, tim putri kita bisa memenangkan pertandingan," ujar Rionny dikutip PBSI.

Tunggal putri kedua, Putri Kusuma Wardani yang diturunkan mengaku cukup tegang menghadapi lawannya. Meski begitu ia meyakinkan akan terus tampil all out dan tidak mau kalah.

"Saya agak tegang menanti pertandingan besok tapi karena persiapannya sudah cukup jadi saya sia untuk main. Tinggal mental dan pikirannya saja disiapkan lagi," aku Putri.

"Lawan saya (Vu Thi Trang) sudah sangat senior, pasti pengalaman dia sudah banyak dan bagus. Besok saya harus main nothing to lose, tidak berpikir menang atau kalah, tapi berusaha main dengan maksimal," lanjutnya lagi.

Sementara itu, pemain ganda putri, Ribka Sugiarto yang akan berpasangan dengan Febby Valencia Dwijayanti Gani juga mengaku sudah siap bertanding. Duet debutan ini berharap bisa menyumbang poin untuk Indonesia.

"Ya pastinya mau menampilkan yang terbaik dan mau menyumbang poin setiap diturunkan. Pastinya sudah siap karena saya dan Febby kan juga sudah sering latihan bareng dan kebetulan dia sahabat saya jadi komunikasinya lebih gampang," jelas Ribka.

"Berusaha untuk bermain yang terbaik, urusan hasil menang kalah sudah ada yang mengatur. Yang penting mau fokus satu-satu dan kerja keras," tukas pemain besutan PB Djarum tersebut.

Berikut line up pertandingan tim putri Indonesia melawan Vietnam:

Tunggal putri 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Nguyen Thuy Linh

Ganda putri 1: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Pham Thi Khanh/Than Van Anh

Tunggal putri 2: Putri Kusuma Wardani/Vu Thi Trang (B)

Ganda putri 2: Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani vs Do Thi Hoai/Pham Nhu Thao

Tunggal putri 3: Stephanie Widjaja vs Vu Thi Anh Thu

(NAF)