Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Yonex Sunrise India Open 2023] Rehan/Lisa Petik Pelajaran Berharga Usai Hadapi Pasangan Nomor Satu Dunia
19 Januari 2023
[Yonex Sunrise India Open 2023] Rehan/Lisa Petik Pelajaran Berharga Usai Hadapi Pasangan Nomor Satu Dunia
 
 

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati petik pelajaran berharga usai berhadapan dengan pemain nomor satu dunia, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China), di babak dua Yonex Sunrise India Open 2023. Meski harus kalah 16-21, 9-21, Rehan/Lisa mengatakan sudah berusaha memberikan perlawanan terbaiknya. Sayang permainan keduanya masih belum cukup untuk mengatasi Zheng/Huang.

Pasangan ganda campuran juara Hyllo Open 2022 itu sempat memberikan perlawanan sengit di laga pembuka. Rehan/Lisa bahkan sempat unggul 11-10 di interval pertama. Namun usai bermain selama 31 menit di K.D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi, Kamis (19/1),  Rehan/Lisa akhirnya harus mengakui keunggulan lawannya.

"Game pertama kami sudah memberikan perlawanan terbaik, bahkan sempat unggul di interval pertama. Sayang, karena kurang konsisten dan kalah pengalaman, kami tidak mampu menjaga keunggulan," kata Rehan dikutip rilis PBSI.

"Tadi hingga interval game pertama, sebenarnya permainan kami sudah bagus. Kami bisa memberikan perlawanan dan sempat unggul 11-10. Kami bisa bermain reli, meskipun pertahanannya juga terus ditekan," tambah Lisa.

Menurut Rehan, banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari performa apik Zheng/Huang.

"Lawan juga lebih tenang dan tidak buru-buru. Karena memiliki banyak pengalaman mereka bisa tampil konsisten. Penampilan lawan juga sangat bagus," ujar Rehan.

"Dari pertandingan ini banyak hal yang harus dipelajari dan ditingkatkan. Fokus, power, dan konsistensi permainan kami harus ditambah. Kualitas lawan juga di atas kami. Mereka bisa cepat membaca dan tahu segala kekurangan kami. Mereka juga terus menekan yang membuat permainan kami tidak berkembang dan gampang mati," lanjut Rehan.

"Senang bisa bertemu dan melawan mereka. Tetapi dari segi hasil, saya belum puas karena permainan kami belum konsisten. Sisi pertahanan harus ditambah dan saya harus lebih berani lagi dengan permainan depan. Kalau kehilangan fokus sedikit saja, pasti akan langsung banyak kehilangan poin. Kami juga diserang terus karena itu kami jadi banyak bertahan," tutur Lisa.

Sementara itu, pelatih ganda campuran Amon Sunaryo mengatakan, ada banyak pelajaran berharga yang didapat Rehan/Lisa dari pertandingan melawan Zheng/Huang. Ia juga mengatakan Rehan/Lisa masih perlu banyak melakukan perbaikan dari berbagai aspek.

"Meski kalah, Rehan/Lisa bisa mendapat pelajaran berharga. Banyak kekurangan yang harus dibenahi dari penampilan mereka. Semuanya. Dari fisik, power, kecepatan, pertahanan, cara main, dan konsistensinya. Dari pertandingan melawan pasangan terbaik dunia ini terlihat Rehan/Lisa masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki," ujar Amon. (NAF)