Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Hasil Undian Piala Thomas & Uber 2024, Indonesia Huni Grup C
22 Maret 2024
Hasil Undian Piala Thomas & Uber 2024, Indonesia Huni Grup C
 
 

Hasil undian grup Piala Thomas dan Uber 2024 yang akan digelar di Chengdu, China, pada 27 April-5 Mei mendatang, telah resmi diumumkan pada Jumat (22/3).

Tim bulutangkis putra Indonesia berada dalam Grup C berjajar dengan negara-negara kuat, yaitu India, Thailand, dan Inggris. Sementara tim bulutangkis putri Indonesia juga berada dalam Grup C bersama dengan Jepang, Hong Kong, dan Uganda.

“Melihat hasil undian, memang hasilnya seperti  itu. Kita tidak bisa menghindar. Karena peta kekuatan saat ini, baik di Thomas maupun Uber semuanya merata. Kita tidak bisa memilih lawan yang enteng sekarang,” kata Ricky Soebagdja, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

“Di perebutan Piala Thomas peta kekuatannya memang seru. Kekuatan empat tim juga merata. Meski begitu dari hitungan head to head dari lima nomor, saya kira Indonesia tetap memiliki keunggulan. Untuk menang, saya kira strateginya kita harus ambil dua tunggal dan satu ganda,” ungkap Ricky.

“Untuk Piala Uber juga ketat. Indonesia tetap punya peluang untuk lolos dari persaingan grup. Meski di sana ada Jepang, saya kira kita bisa mengatasi dua lawan yang lain seperti Hong Kong dan Uganda,” lanjutnya.

Dalam dua edisi terakhir, tim Thomas Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang cukup baik. Pada edisi 2022, Indonesia finis di posisi runner up setelah kalah dari tim bulutangkis putra India.

Piala Thomas terakhir dibawa pulang tim Merah-Putih pada tahun 2020 di Aarhus, Denmark. Indonesia saat itu menang telak 3-0 atas tim China. Kemenangan tersebut menjadi hasil yang membanggakan setelah puasa gelar selama 19 tahun lamanya.

Hingga saat ini Indonesia merupakan tim bulutangkis putra paling sukses di ajang ini, dengan mengoleksi 14 gelar sejak tahun 1958.

Sementara itu di tim putri, Indonesia terakhir kali membawa pulang Piala Uber pada tahun 1996 di Hong Kong, dengan kemenangan atas China 4-1.

Sejak saat itu, pencapaian terbaik skuad putri Indonesia ialah sebagai runner up pada Piala Uber 2008 di Jakarta, dan semifinalis di Piala Uber 2010 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Yang perlu disiapkan hingga pertandingan nanti adalah, persiapan untuk ke putaran Final Thomas dan Uber semua pemain harus prima. Para pemain harus fokus menghadapi setiap partai. Juga jangan sampai cedera. Yang tidak kalah penting fighting spiritnya harus dijaga dan ditingkatkan,” kata Ricky.

“Keberhasilan di All England lalu harus jadi monentum kebangkitan tim Thomas Indonesia. Kita harus punya keyakinan dan motivasi besar semua pemain untuk bisa menampilkan permainan terbaik,” pungkas Ricky.

Hasil undian tim putra lainnya mempertemukan China, Korea Selatan, Kanada, dan Australia di dalam Grup A. Kemudian Grup B diisi oleh Jepang, Taiwan, Jerman, dan Ceko. Terakhir Grup D ada Denmark, Malaysia, Hong Kong, dan Algeria.

Sementara di tim putri, undian Grup A untuk Piala Uber kali ini diisi oleh China, India, Kanada, dan Singapura. Grup B ada Thailand, Taiwan, Malaysia, dan Australia. Serta Grup D yang dihuni Korea Selatan, Denmark, Amerika Serikat, dan Meksiko. (NAF)