Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > [Piala Sudirman 2013] Indonesia Taklukkan India 4-1
21 Mei 2013
[Piala Sudirman 2013] Indonesia Taklukkan India 4-1
 
 

Laga pertama babak penyisihan Grup A Piala Sudirman sudah dijalani oleh tim merah putih. Di laga yang berlangsung pada Senin (20/5), Indonesia ditantang oleh India. Menghadapi negeri yang dikenal dengan sektor tunggal putra yang cukup kuat, Indonesia berhasil meraih empat kemenangan dan memang kehilangan angka di sektor tunggal putra.

Indonesia membuka kemenangan melalui duet Angga Pratama/Ryan Agung Saputro, menghadapi Akhsay Dewalkar/Pranaav Jerry Chopra. Pasangan ranking 10 dunia itu hanya butuh waktu 24 menit untuk membawa Indonesia unggul 1-0, setelah menang dua game langsung 21-13 dan 21-10.

berhasil menggandakan keunggulan setelah tunggal putri, Lindaweni Fanetri sukses menekuk Sindhu Pusarla Venkata yang menjadi tunggal andalan India setelah Saina Nehwal cedera. Ini merupakan pertemuan keempat kedua atlet tunggal putri ini, laga terakhir Linda kalah dua game 20-22 dan 16-21. Tapi di Bukit Jalil, Lindaweni berada diatas angin. Ia berhasil menekan Sindhu dan tak mengizinkan permainannya berkembang, Linda menang 21-15 dan 21-10.

“Saya sudah mempelajari permainan Sindhu, dan tadi saya tidak banyak memberi dia bola ke belakang,” ujar Lindaweni.

India sempat mengejar ketertinggalan melalui tunggal putranya, di mana mereka menurunkan Kashyap Parupalli. Ia berhasil menundukkan tunggal merah putih yang diwakili oleh Dionysius Hayom Rumbaka. Atlet binaan PB Djarum ini meski sudah bermain cukup baik di paruh awal setiap game, ia gagal menuntaskan laga. Ia menyerah 18-21, dan 14-21.

“Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk merubah pola permainan, tapi Kashyap selalu berhasil mengatasi permainan saya,” ujar Hayom.

Namun setelah kedudukan 2-1, ganda putri dan ganda campuran Indonesia seakan tak mau lagi membiarkan Indonesia kehilangan angka. Pasangan yang baru kembali reuni Nitya Krishinda Maheswari/Greysia Polii sukses mengalahkan Ashwini Ponnappa/Pradnya Gadre dengan 21-19 dan 22-20. Sementara juara dua kali All England, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memastikan kemenangan Indonesia menjadi 4-1 dengan menekuk Arun Vishna/Aparna Balan dengan 21-13 dan 21-14.

“Kemenangan ini sudah sesuai prediksi kami, memang sebelum pertandingan kami memprediksi akan menang 4-1 atau 3-2,”
ujar manager tim, Rexy Mainaky.

Selanjutnya di laga kedua penyisihan Grup A, Indonesia akan berhadapan dengan China yang di pertandingan pertama melibas India dengan skor telak 5-0. Laga ini akan menjadi penentu siapa yang akan menjadi juara dan runner up grup A, sementara India gagal melaju ke babak perempat final. (IR)