Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Asia Youth U17 & U15 Championships 2013] Mengintip Permainan Lawan, Bawa Ghaida Menang
10 Oktober 2013
[Asia Youth U17 & U15 Championships 2013] Mengintip Permainan Lawan, Bawa Ghaida Menang
 
 

Atlet muda PB Djarum, Ghaida Nurul Ghaniyu berhasil memberikan kejutan manis bagi tuan rumah di laga babak kedua Blibli.com Flypower Asia Youth U17 & U15 Championships 2013. Berhadapan dengan unggulan dua asal negeri gajah putih Ruethaichanok Laisuan.

Pertarungan ini harus disudahi dalam tiga game. Dimana di game pertama, Ghaida harus menyerah 14-21 sebelum akhirnya menang 21-10 dan 21-11 dalam tempo 45 menit.

“Saya sudah pernah melihatnya bertanding, di Tangkas Junior kemarin dia lawan Desandha, jadi saya sedikitnya tahu bagaimana permainan dia,”
ujar Ghaida.

Ghaida sendiri memiliki target paling tidak masuk semifinal. Namun ia pun menyadari bahwa lawan-lawannya juga tak lantas akan menjadi mudah, terlebih lagi banyak dari negara tetangga yang masih belum mengetahui kekuatan lawan masing-masing. Seperti misalnya unggulan empat, Gregoria Mariska harus kalah ditangan tunggal Korea Kim Ga Eun dengan 11-21, 21-18 dan 9-21.

“Inginnya minimal masuk semifinal, tapi pemain-pemain luar juga pastinya tidak akan gampang. Apalagi mereka adalah atlet pilihan negara masing-masing. Yang jelas saya ingin menampilkan kemampuan terbaik saya, kalaupun misalnya memang harus kalah, saya tidak mau kalah mudah,” lanjutnya.

Selain untuk mengejar target, Ghaida pun menjadikan turnamen yang diikuti total 207 atlet yang berasal dari 10 negara termasuk Indonesia ini sebagai  sebuah alat ukur untuk menguji kemampuannya.

Di babak ketiga yang akan digelar hari ini (10/10), Ghaida akan ditantang oleh Ebihara Shiori. Tunggal Jepang ini lolos ke babak ketiga setelah menang mudah 21-7 dan 21-6 dari wakil Sri Lanka De Silva Ilmee Warangana.

“Setahu saya pemain Jepang memiliki kekuatan fisik yang bagus, tapi saya belum tahu dia (Ebihara – red) seberapa kuat. Jadi yang penting saya bisa menguasai bola di depan dan menjaga pertahanan,” pungkasnya.

PB Djarum sebetulnya menurunkan dua atlet di turnamen bergengsi U17 dan U15 se-Asia ini, namun sayang langkah Ghaida yang melaju ke 16 besar gagal diikuti oleh Desandha Vegarani Putri. Langsung berhadapan dengan unggulan pertama, Shivani Rutvika dari India, Desandha kalah 17-21 dan 16-21. (IR)